4 Tips Menghemat Baterai Android

Saat sedang banyak kerjaan di luar, kamu pasti memastikan bahwa gadget android yang kamu miliki mempunyai baterai yang cukup untuk berkomunikasi atau menyelesaikan pekerjaan. Meskipun ada powerbank, tetapi ada beberapa cara agar kamu bisa menghemat baterai android kamu. Berikut adalah 4 tips untuk menghemat baterai android:

Matikan Sinyal dan Aktifkan Airplane Mode

Jika kamu sedang berkendara atau berpergian ke suatu tempat terkadang sinyal yang dimiliki smartphone tidak stabil. Dalam keadaan tersebut, smartphone android bekerja lebih untuk mendapatkan sinyal. Hal ini membuat baterai android cepat habis. Oleh karena itu, jika sedang berpergian dan tidak membutuhkan smartphone, matikan sinyal dan aktifkan airplane mode sehingga kamu tidak perlu repot mematikan sinyal mulai dari sinyal radio, GSM, bluetooth atau pun wifi.

Jangan Banyak Widget dan Disable Aplikasi Bawaan

Salah satu yang menyebabkan baterai android cepat habis adalah widget. Penggunaan widget akan memakan baterai android. Oleh karena itu, kamu tidak perlu memiliki banyak widget di android seperti widget email, bookmark, weather, dan lain sebagainya. Widget memakan baterai karena terus menerus melakukan perbaharuan dan sinkronisasi.

Layar Jangan Terlalu Cerah

Jika kamu sedang berada di dalam ruangan, kurangi tingkat kecerahan pada perangkat androidmu. Semakin tinggi tingkat kecerahan maka semakin terkuras habis energi yang ada di baterai perangkat androidmu. Atur tingkat kecerahan ke titik yang cukup untuk kamu melihat ke layar dengan jelas. Jika sedang di luar ruangan, kamu dapat menaikkan tingkat kecerahan dan jangan lupa untuk menurunkannya lagi. Atur sendiri tingkat kecerahan dan jangan gunakan auto-brightness. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam untuk menyimpan daya baterai.

Matikan Getar dan Nada Dering

Perangkat android dalam keadaan silent dapat menghemat baterai. Nada getar atau pun nada dering dapat menguras baterai dan menjadikan baterai perangkat android menjadi cepat boros apalagi jika kamu sedang menerima banyak pesan. Perlu kamu ketahui juga bahwa nada getar memakan daya baterai lebih banyak dibandingkan nada dering, lho!

Jangan lupa untuk mengaktifkan power saving mode, ya!