Alasan Mengapa Harga Produk Apple Mahal

0
253

Asumsi mengenai mahalnya produk Apple merupakan hal yang biasa dan bukan merupakan hal yang memalukan. Hal tersebut merupakan sebuah kewajaran, terlebih jika Anda mencoba membandingkan produk Apple dengan produk dari brand lain dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Lantas, mengapa harga produk Apple mahal dan apakah mahalnya produk Apple tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan?

Betulkan Harga Produk Apple Mahal?

Sebelum membahas mengenai alasan kenapa harga produk Apple lebih mahal, ada baiknya pembuktian mengenai asumsi tersebut dilakukan. Berdasarkan The Washington Post (washingtonpost.com), Di musim gugur 2018 terdapat kenaikan harga produk Apple, dari mulai MacBook Air hingga Mac Mini. Kenaikan tersebut dirasa mulai mengusik pandangan orang terhadap value produk Apple yang selama ini tidak perlu diperdebatkan.

Berdasarkan kenaikan harga produk Apple tersebut, Kita bisa belajar bahwa nilai brand “Apple” kian hari kian mahal. Sebelumnya, produk Apple memang sudah dikenal lebih mahal dari produk lain dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Bahkan di era dimana gapharga dan teknologi antar perusahaan gadget yang sudah menipis, Apple masih menawarkan produknya dengan harga yang lebih mahal dari produk brandlainnya.

Mengapa Harga Produk Apple Mahal?

Berdasarkan Techquickie, berikut adalah beberapa alasan kenapa produk Apple mahal.

1. Imej Brand Kelas Atas

Kendati kualitasnya diperdebatkan (untuk beberapa produk), produk Apple yang dibanderol mahal tidak pernah sepi diburu oleh pembelinya, terutama Mereka yang sudah loyal dengan produk Apple. Apple berhasil membentuk imej atau citra sebagai company yang memproduksi gadget hanya untuk mereka yang berduit.

2. Desain, Fitur, dan Komponen Terbaik dan Terdepan

Citra brand bukan satu-satunya alasan mengapa harga produk Apple mahal? Sejak awal kemunculannya, produk Apple selalu dibekali dengan desain, fitur, dan komponen terbaik dan terdepan di masanya. Hal wajar jika sebuah produk dihargai mahal ketika produk tersebut inovatif dan benar-benar berbeda dari produk lainnya.

Mahal itu pasti, namun berkualitas atau tidaknya itu relatif. Anda tentu tidak ingin hanya membeli logo Apple saja, tetapi juga kualitas yang ditawarkan. Untuk beberapa produk pionir, produk Apple memang wajar dihargai mahal. Namun dalam beberapa tahun ke belakang terdapat produk Apple yang dapat dikatakan overpriced. Jika Anda bukan pembeli loyal Apple, ada baiknya menyimak review produk Apple sebelum membelinya.