Aplikasi Web Conference Gratis Paling Populer

0
30

Di tengah Work From Home ini, rapat yang biasanya bisa dilakukan di kantor akhirnya harus dilakukan dengan cara lain. Anda tak bisa lagi berangkat ke kantor dan bertemu rekan kerja untuk membahas pekerjaan. Cara agar tetap bisa meeting dan membahas pekerjaan adalah dengan menggunakan aplikasi web conference.

Aplikasi Web Conference Gratis

Sejak covid-19 ini merebak, orang-orang jadi banyak yang membutuhkan aplikasi web conference. Berikut ini beberapa aplikasi web conference yang bisa anda pakai selama bekerja di rumah.

1.   Zoom

Zoom adalah aplikasi web conference yang paling populer saat ini. Aplikasi ini freemium. Jadi anda bisa menggunakannya secara gratis dengan beberapa batasan. Misalnya hanya bisa 40 menit dan dilakukan dengan maksimal 100 orang. Tapi Zoom kurang aman. Ada banyak kasus komputer pengguna berhasil di bobol orang tidak bertanggung jawab ketika live.

Misalnya, salah satu kasus menyebutkan pernah dikendalikan komputernya entah oleh siapa sehingga kursornya bergerak sendiri. Ada lagi yang melihat handphonenya membuka aplikasi m-banking sendiri. Zoom cukup berbahaya.

2.   Skype

Skype adalah aplikasi yang sudah populer jauh sebelum Zoom. Aplikasi ini juga bisa anda pakai untuk web conference. Skype ini lebih aman dari Zoom karena untuk menggunakannya anda tidak perlu memberikan data pribadi.

Skype bahkan bisa digunakan tanpa mendaftarkan akun. Tapi, untuk host harus memiliki akun. Kalau untuk orang lain yang ingin bergabung di sebuah meeting, ia cukup menginstall aplikasi skype atau menuju website skype dan bergabung dengan meeting.

3.   Microsoft Teams

Kalau anda menggunakan Microsoft Teams, anda bisa mengundang hingga 10.000 orang dalam web conference tersebut. Tapi semua orang itu harus mendaftar terlebih dahulu di Microsoft Teams. Menurut website Microsoft Teams, mereka jauh lebih aman dari pada aplikasi web conference lain.

4.   Cisco Webex

Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 90an. Awalnya bernama Webex. Lalu ketika diakuisisi oleh Cisco menjadi Cisco Webex. Aplikasi ini bisa mengadakan video conference sampai 100 peserta dengan durasi 40 menit tiap sesinya.

Cisco Webex bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin menyelenggarakan video conference. Karena ia sudah berusia “lanjut”, maka keamanan dari Cisco Webex ini bisa dibilang jauh lebih baik dari pada aplikasi yang sedang hype sekarang ini.

5.   Facebook

Facebook juga merilis sebuah aplikasi web conference. Caranya adalah dengan menggunakan Messenger. Kekurangan dari aplikasi ini adalah jumlah orang yang bisa ikut dalam video conference tersebut. Di Facebook Messenger maksimal 8 orang saja yang bisa ikut video conference.

Hampir kebanyakan aplikasi itu freemium atau gratis tapi kalau ingin mendapatkan layanan premiumnya, anda harus bayar. Dari 5 aplikasi yang disebutkan di atas, mana yang paling sering anda pakai? Atau anda punya aplikasi web conference sendiri?