Awal September 2019, Samsung Galaxy Note 10s Rilis  Aplikasi Streaming Game

0
81

Samsung dikabarkan akan merilis layanan streaming game untuk Galaxy Note 10 dalam bentuk aplikasi yang bisa didownload secara gratis.

Saat Mengumumkan Galaxy Note10 Series yang lalu, Perusahaan asal Korea Selatan itu juga turut memperkenalkan fitur streaming game PC bernama PlayGalaxy Link. Fitur ini memungkinkan anda memainkan game PC di smartphone (Samsung Galaxy Note 10) melalui streaming dan akan dirilis awal September 2019.

Kerjasama Samsung dan Parsec.

Samsung menggandeng Parsec, yaitu sebuah startup game asal New York yang memiliki aplikasi streaming game sendiri yang ada di Google Play. Jadi nama PlayGalaxy adalah merk baru yang diberikan oleh Samsung kepada Parsec. Selama beberapa tahun terakhi, Samsung memang membuktikan kepedulian mereka akan game mobile.

Laporan yang dilansir dari Android Authority pada Kamis (15/8/2019), menyatakan PC yang digunakan agar tersambung harus Windows 10 agar bisa bermain game secara bersamaan dengan perangkat Galaxy Note 10.

Lewat PlayGalaxy Link ini, Samsung sepertinya ingin lebih serius dalam layanan streaming game karena saat ini mereka masih di bawah Google Stadia, Apple Arcade, dan Steam Link milik Valve. Namun demikian masih ada beberapa kelemahan yang diperediksi terjadi dalam pengaplikasian PlayGalaxy Link.

Game Streamer Juga Punya Kelemahan.

Salah satu di antaranya penggunaan internet dengan biaya tinggi. Streaming game yang maksimal membutuhkan biaya internet tinggi karena menggunakan kecepatan internet maksimal. Hal ini juga mirip dengan apa yang terjadi pada Google Stadia.

Kelemahan lain bisa jadi adalah pengawasan pihak ketiga yaitu dalam hal ini Parsec, sebelum bisa memainkan game di Galaxy Note 10. Diharapkan sebelum rilis pada September 2019 nanti, Samsung dan Parsec mampu memberikan layanan yang tidak tergantung satu sama lain. Layanan PlayGalaxy Link ini akan hadir paling lambat 2 minggu awal Bulan September, seperti dikutip laman NexTren.

Bila hadir sesuai adwal, maka Samsung menjadi salah satu perusahaan teknologi pertama yang merevolusi game streaming menjadi cloud gaming. Para kompetitornya seperti Apple, atau Google Stadia belum melakukan hal demikian.