Belum Pasti di Indonesia, Samsung Galaxy A80 Sudah Tersedia di Malaysia

0
100

Kabar gembira bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin membawa pulang Samsung Galaxy A80. Saat ini, Samsung Galaxy A80 sudah tersedia di beberapa negara, termasuk di dalamnya Malaysia, Amerika Tengah, Afrika, dan Eropa. Galaxy A80 tersedia dalam satu varian, yaitu varian 128GB. Bagaimana dengan harganya? Harga yang dibanderol untuk Galaxy A80 bervariasi bergantung pasar atau negara smartphonetersebut dijual.

Di Eropa, Galaxy A80 dijual dengan harga 649 euro, sementara di Malaysia Galaxy A80 dijual dengan harga 2500 ringgit. Galaxy A80 seharusnya di jual di India bulan ini. Namun, Samsung masih belum menentukan harga untuk Galaxy A80. Pembeli dapat membeli Galaxy A80 langsung dari toko online resmi Samsung dan retailer lain, baik online maupun offline. Galaxy A80 tersedia dalam 3 warna berbeda, Phantom Black, Angel Gold, dan Ghost White.

Spek dan Ulasan Samsung Galaxy A80

Galaxy A80 menggunakan chipset Snapdragon 730 dengan RAM sampai 8GB. Keandalan performanya tidak perlu diragukan. Baterai yang digunakan berkapasitas 3.700mAH dengan charger cepat 25W. Untuk layar, Galaxy A80 menggunakan display AMOLED 6.7 inci. Display tersebut tentu memberikan kenikmatan visual dan hiburan untuk Anda. Galaxy A80 menggunakan 3 kamera unik.

Kamera tersebut dapat berputar dari depan ke belakang, begitu pun sebaliknya. Adanya kamera unik tersebut membuat Anda bisa mengambil swafoto dengan kamera utama (belakang) 48MP. Fitur unik tersebut merupakan salah satu fitur unggulan Galaxy A80.Resolusi untuk video sudah mendukung video 2160p 30fps. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0. Berikut adalah spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A80.

Samsung Galaxy A80

Dimensi (mm)

165,2 x 76,5 x 9,3

Berat (g)

220

Layar

Super AMOLED touchscreen

Ukuran (inci)

6,7

Resolusi (p)

2400 x 1080

Proteksi

Corning Gorilla Glass 3

Prosesor

Octa-core

Chipset

Qualcomm SDM730 Snapdragon 730

GPU

Adreno 618

RAM

8GB

Storage

128GB

Kamera

18MP f/2.0, 8MP f/2.2, TOF 3D camera f/1.2

Fitur Kamer

LED Flash, Panorama, HDR

Video Kamera

2160p 30 fps, 1080p 30/60 fps, 720p 480fps

Sistem Operasi

Android 9.0 (Pie), One UI

SIM

Single (Nano) atau Dual (Nano, dual stand-by)

WLAN

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac

Bluetooth

5.0

GPS

Yes

NFC

Yes

Radio

FM Radio

USB

2.0, Type-C reversible connector

Baterai

3.700 mAH

Charger

25W Fast

Pilihan Warna

Phantom Black, Angel Gold, Ghost White

Kamera putar yang dipasang di Galaxy A80 merupakan sebuah keunikan yang membuat Galaxy A80 patut untuk dilirik. Dalam hal display pun Galaxy A80 mengesankan dan memberikan kesan berbeda dari yang lain. Untuk ponsel pintar dengan spesifikasi yang cukup tangguh, Galaxy A80 dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Terdapat beberapa aspek yang memang bisa dipuji dari Galaxy A80.

Beberapa kelebihan yang cukup menonjol dari Samsung Galaxy A80 adalah kualitas material (bahan) smartphone yang solid dan berkualitas tinggi, kualitas display yang mengesankan terutama dalam hal pewarnaan, kualitas gambar hasil potretan yang baik, dan tentu saja kamera putar yang unik. Namun, dibalik kelebihan yang dimilikinya, Galaxy A80 memiliki beberapa kekurangan.

Beberapa kekurangan tersebut adalah durasi baterai yang biasa saja, kualitas perekeman video pada resolusi FHD dan 4K yang kurang memuaskan, dan tidak terdapatnya slot ekspansi dan jack headphone. Kekurangan-kekurangan tersebut memang sedikit mengganggu konsep unik yang dimiliki Galaxy A80. Hal lain yang kurang begitu mengesankan adalah kompetitor Galaxy A80. Perbandingan akan selalu dilakukan.

Begitu juga dengan kompetitor Galaxy A80. Kompetitor Galaxy A80 tidak sedikit yang menawarkan ponsel pintar dengan spek yang tidak jauh berbeda dengan harga yang lebih rendah. Kamera unik tersebut merupakan fitur yang membuat Galaxy A80 berbeda dari yang lain dan membuat ponsel pintar satu ini tidak berstatus medioker. Diluar itu, sayangnya tidak banyak yang bisa ditawarkan Galaxy A80 untuk penggunanya.

Galaxy A80 juga dirilis dalam edisi spesial. Edisi spesial ini kemungkinan akan meningkatkan nilai jual Galaxy A80, terutama untuk Anda yang menyukai K-Pop khususnya BLACKPINK. Seperti yang sudah banyak diantisipasi para penggemarnya, Galaxy A80 akan dirilis dalam edisi spesial BLACKPINK yang disertai dan bonus yang berhubungan dengan grup band tersebut. Untuk kolektor dan penggemar, edisi ini tentu tidak boleh dilewatkan.

Edisi Spesial BLACKPINK dan Segera Tersedia di Indonesia

Jika Samsung Galaxy A80 sudah tersedia di negara tetangga, lantas kapan smartphone yang identik dengan girlband Korea BLACKPINK ini tersedia di tanah air? Hingga saat ini, belum terdapat kepastian dan kejelasan mengenai tanggal perilisan Galaxy A80 di Indonesia. Namun demikian, pihak Samsung memastikan A80 akan dipasarkan di Indonesia. Sebuah hal yang mengejutkan jika smartphone satu ini tidak dipasarkan di Indonesia.

Galaxy A80 cukup populer di kalangan pencinta girlband asal Korea, BLACKPINK. Bahkan, Galaxy A80 juga dirilis dalam bentuk BLACKPINK Limited Edition. Adanya edisi terbatas yang disertai dengan beragam aksesori BLACKPINK tersebut memberikan daya tarik utama untuk penggemar girlband asal negeri ginseng tersebut. Di Malaysia dan Thailand, edisi spesial disertai bonus yang menarik dan berbeda bergantung negara masing-masing.

Dari sisi display alias penampilan, smartphone ini jelas BLACKPINK banget. Jika Anda membeli Galaxy A80 di Malaysia, Anda akan mendapatkan bonus Galaxy Fit. Sementara jika Anda membeli di Thailand, Anda akan mendapatkan headphone AKG Y500. Ketika dirilis di Indonesia, harga A80 kemungkinan akan berada di angka 8 jutaan. Tentu untuk edisi spesial BLACKPINK harga yang dibanderol lebih mahal, tepatnya sekitar 10 jutaan.