Huawei Klaim Mempunyai Ark Compiler yang Bisa Membuat Android Secepat iOS

0
149

Beberapa waktu yang lalu Huawei meluncurkan ponsel terbaru mereka yaitu Honor 20. Pada kesempatan konferensi persnya yang diadakan Jumat (31/5/2019) Presiden Honor Zhao Ming menyampaikan bahwa Honor telah mengadopsi ‘Ark compiler’ yang merupakan teknologi terbaru dimana sistem ini di klaim mampu meningkatkan performa  operasi Android sehingga bisa melampaui iOS Apple.

Terobosan Baru Huawei

Berdasarkan keterangan dari Presiden Honor tersebut dijelaskan bahwa terobosan baru bagi ponsel Honor 20 adalah keberadaan ark complier dalam sistem Android yang akan memberikan kecepatan dan ruang operasi yang tidak dapat anda bayangkan sebelumnya. Bagi Huawei selaku pemilik dari ponsel merk Honor bahkan telah menggambarkan Ark compiler ini sebagai jari emas.

Perusahaan Huawei mengklaim bahwa ketika pemrosesan telah selesai kinerja aplikasi tersebut akan meningkat sebesar 29% dari palikasi biasanya yang tidak menggunakan Ark compiler, kemudian kelancaran sisten akan meningkat sebesar 44% dan kelancaran operasi aplikasi dari pihak ketiga akan mengalami peningkatan sebesar 60%. Dengan kata lain manfaat yang didapatkan adanya Ark compiler ini sungguh menguntungkan bagi Honor

Apa Sebenarnya Ark Compiler

Anda mungkin masih menanyakan apa sebenarnya Ark compiler itu. Kenapa bisa membuat performa android hampir mendekati performa iOS. Ark compiler adalah sebuah program komputer yang mempunyai tugas untuk melakukan pekerjaan berupa menerjemahkan urutan pernyataan yang di tulis dalam bahasa pemrograman tersebut. Hasil yang dicapai oleh Ark compiler ini adalah efisiensi yang dapat membuat performa smartphone android dan baterai lebih maksimal

Seperti kutipan dari pidato Presiden Honor bahwa Ark compiler memberikan peningkatan performa yag sangat besar. Ketika Honor 20 Series telah dioptimalkan dengan menggunkan Ark compiler maka anda bisa mendapatka pengalamana sebanding dengan iPhone, bahkan dalam beberapa hal tertentu Honor 20 dapat lebih baik daripada iPhone. Sungguh luar biasa ya dengan penggunaan Ark compiler ini.

Huawei menyatakan bahwa Ark compiler yang mereka kembangkan adalah compiler yang berbeda dengan yang biasanya digunakan oleh para developer aplikasi android pada umumnya. Banyak kelebihan yang akan ditawarkan oleh Huawei tentang compiler ini. Ark compiler ini bahkan bisa berjalan tanpa menggunakan virtual machine yang selama ini menjadi jembatan para developer smartphone

Dengan kinerja yang tanpa menggunakan virtual machine maka dapat menghemat resource da dapat mempercepat dalam menginterpretation ode program atau mengubahnya dari high level programming menuju low level programming. Ark compiler merupakan terobosan baru yang memang didesain untuk bisa bekerja dengan EMUI

Cara Kerja Ark Compiler

Agar anda bisa lebih memahami kinerja Ark compiler maka anda harus mengetahui apa sebenarnya proses kompilasi. Pada sebagian besar aplikasi android program ditulis dalam bentuk Java yang membuat komputer memahami dan mengeksekusi kode bahasan mesin yag merupakan kode biner yagterdiri dari “0” dan “1”. Agar dapat menjalankan program bahasa Java tersebut maka kode harus ditransformasikan menjadi bahasa mesin.

1. Introduce an interpreter to translate

Fungsi dari bagian ini adalah memahami bahasa Java kemudian menerjemahkannya ke dalam kode mesin, biarkan perangkat keras yang akan menjalankan secara bebas. Tahapan ini disebut interpreter. Pada proses ini tidak melakukan filter kode dan efisiensi eksekusi sangat rendah dan juga membutuhkan waktu.

2. Menerjemahkan Langsung dari High-Level Language Kedalam Machine Language

Pada tahapan ini ada 2 metode yang digunakan:

  • AOT (ahead of time) compilation, yaitu mengkompilasikan bahasa sebelum menjalankan program

  • JIT (just in time) compilation, yaitu mengkompilasikan bahasan dalam run time atau waktu yang sebenarnya

Inti dari compiler adalah menerjemahkan kode sumber dari high-level language menjadi machine language serta membuat program dapat dieksekusi tunggal dari semua sumber. Keunggulan dari Ark compiler adalah bekerja tanpa menggunakan virtual machine, Ark compiler ini juga menggunakan memory recycling proses yang lebih optimal lagi. Manfaat dari penggunaan memory recycling ini bisa membuat perpindahan antar software pada Android akan berjalan lebih mulus lagi.

Ringkasan Proses Kinerja Ark Compiler

  • Compilation proses pada Ark compiler ini diselesaikan pada sisi pengembang dan dalam proses pengembangan. Pengembang langsung akan melakukan kompilasi dari berbagai macam bahasa pemrograman ke dalam machine language sehingga membuat aplikasi android anda dapat di eksekusi. Pada saat aplikasi tersebut diinstal pada sistem operasi, maka aplikasi ini dapat secara langsung mengidentifikasi dan melakukan tindakan yang diperlukan tanpa menggunakan virtual machine yang selama ini bertugas sebagai jembatan bagi aplikasi android agar bisa bekerja dan penyimpanan ekstra untuk bisa berinteraksi dan menafsirkan tugas yang diminta.

  • Ark compiler ini menggunakan memory recycling yamg digunakan untuk recycling memory yang tidak digunakan dan dapat mengembalikan pada sistem tanpa menunggu aplikasi awal, hal ini sangat membantu aplikasi untuk bisa melanjutkan dan meningkatkan manajemen memori.

  • Semua proses ini dapat meningkatkan kinerja android hingga 24% untuk kelancaran operasi, 44% untuk kecepatan respon sistem dan 60% untuk kinerja aplikasi pihak ketiga.

 

Ark compiler ini dikembangkan khusus oleh Huawei sebagai terobosan baru untuk meningkatkan performa android. Teknologi baru ini di desain untuk bisa bekerja dengan EMUI di ponsel Android. Huawei telah mengembangkan sejak tahun 2009 silam. Sedangkan pengembangan arsitektur  Ark compiler telah dimulai pada tahun 2015. Dengan perkembangannya pada tahun 2015 Huawei membuat bahasa pemrograman sendiri. Huawei berharap teknologi ini akan semakin berkembang untuk kemajuan bersama.