Mengulik Kecanggihan Xiaomi Mi Band 4

Selain jam tangan cerdas dari Apple, Xiaomi memiliki jam tangan cerdas yang jumlah penggunanya tidak dapat diremehkan. Mengutip dari Tribun Style (style.tribunnews.com), Xiaomi Mi Band merupakan brand smartwatch yang paling banyak digunakan kedua setelah Apple Watch. Xiaomi Mi Band 4 merupakan model terbaru smartwatch Xiaomi yang dikabarkan akan dilengkapi dengan sensor detak jantung.

Mengenai kapan jadwal rilisnya, belum terdapat kejelasan informasi terkait jadwal rilis resmi Mi Band 4. Sejak dirilis untuk pertama kali pada tahun 2014, Mi Band mampu menjadi smartwatch murah yang laris di pasaran. Model saat ini, Mi Band 3, banyak mendapatkan respons dan penilaian positif. Tidak mengherankan jika publik cukup antusias dengan perilisan Mi Band 4 dan fitur canggih apa saja yang akan disertakan pada model tersebut.

Bocoran Kecanggihan Mi Band 4

Hingga saat ini, pihak Xiaomi belum banyak mengungkap informasi terkait fitur dan kecanggihan apa saja yang akan ditawarkan Mi Band 4 pada publik. Untungnya, terdapat beragam bocoran informasi mengenai kecanggihan apa saja yang terdapat pada Mi Band 4. Dikutip dari Gizmochina (gizmochina.com), Mi Band 4 akan meninggalkan display monokrom dan menggunakan layar berwarna yang menawarkan beragam fitur UI yang atraktif.

Mi Band 4 akan menggunakan baterai 135 mAh. Baterai tersebut tentu lebih besar kapasitasnya ketimbang baterai yang digunakan pada Mi Band 3 (110 mAh). Terdapat upgrade yang dapat dikatakan signifikan pada model Mi Band terbaru ini. Upgrade tersebut adalah penggunaan Bluetooth 5.0. Hal tersebut tentu akan meningkatkan konektivitas antar perangkat. Mi Band 3 sendiri menggunakan Bluetooth 4.2.

Mi Band 4 akan dirilis dalam 2 versi berbeda. Versi pertama merupakan versi dengan nomor model NFC XMSH08HM. Versi kedua merupakan versi non-NFC standar dengan nomor model XMSH07HM. Kedua versi tersebut sudah didukung Bluetooth 5.0 yang memiliki efisiensi daya, jangkauan yang lebih luas, dan koneksi yang juga lebih kuat. Ada satu bocoran lagi yang cukup mengundang perhatian.

Mi Band 4 akan dirilis dengan sistem pemonitor detak jantung yang ditingkatkan kualitasnya. Bagaimana dengan bocoran harganya? Mi Band 4 versi NFC diharapkan dijual dengan harga 499 Yuan atau setara dengan sekitar Rp 1 juta. Versi standar akan dijual dengan harga antara 200-300 Yuan atau setara sekitar Rp 400-600 ribu. Sayangnya, belum ada bocoran mengenai tanggal rilis Mi Band 4.

Berikut adalah rangkuman bocoran Xiaomi Mi Band 4.

  • Display non-monokrom. Akan menggunakan layar berwarna.

  • Akan menggunakan baterai 135 mAh.

  • Akan menggunakan Bluetooth 5.0.

  • Akan dirilis dalam 2 versi, yaitu versi NFC XMSH08HM dan non-NFC standar XMSH07HM.

  • Akan menyediakan fitur pemonitor detak jantung yang lebih ditingkatkan kualitasnya.

  • Diharapkan dijual dengan harga sekitar Rp 1 juta (NFC) dan Rp 400-600 ribu (non-NFC standar).

  • Belum ada tanggal rilis resmi.

Yang Diharapkan dari Mi Band 4

Xiaomi Mi Band 3 merupakan smartwatch murah berkualitas yang menjadi alternatif bagi Apple Watch. Tidak sedikit orang yang menaruh harapan yang besar pada Mi Band 4. Sebuah kewajaran jika para pengguna Mi Band 3 berharap adanya peningkatan yang signifikan pada Mi Band 4. Hal tersebut tentu akan membuat produk smartwatch dari Xiaomi tersebut lebih banyak mendapatkan perhatian.

Dikutip dari Techradar (techradar.com), berikut adalah 5 hal yang diharapkan ada pada Mi Band 4.

1. Tracking yang Lebih Akurat

Publik cukup menaruh harapan yang besar terhadap adanya peningkatan kualitas tracking. Mi Band 3 diakui mengalami peningkatan kualitas tracking. Untuk terus relevan dan bersaing di pasar smartwatch yang kian kompetitif, Mi Band 4 harus meningkatkan kualitas tracking kebugarannya.

2. Desain yang Lebih Ramping

Urusan desain memang urusan selera yang tentu akan berbeda bagi masing-masing orang. Namun, ada baiknya jika Xiaomi membuat Mi Band 4 dengan desain yang lebih ramping dengan tepi yang lebih bulat. Desain tersebut terlihat lebih menarik, lebih meyakinkan, dan lebih meningkatkan kepercayaan diri tentunya.

3. Harga Tetap Murah

Sejujurnya, yang membuat banyak orang melirik Mi Band ketimbang smartwatch Apple adalah harganya yang jauh lebih murah. Kalaupun ada peningkatan fitur dan teknologi canggih pada Mi Band 4, peningkatan harga haruslah tidak signifikan. Ingat, Harga murah tersebut lah yang membuat Mi Band kian populer.

4. Tambahkan GPS

Publik akan sangat bahagia jika Xiaomi menambahkan GPS terintegrasi pada Mi Band 4. Dengan penambahan GPS tersebut, para pengguna dapat melacak keberadaan (lokasi) dan lingkungan sekitar. Memang perlu disadari bahwa adanya GPS tersebut dipastikan akan meningkatkan harga Mi Band 4.

5. Pilihan Warna yang Semakin Banyak

Semakin banyak pilihan warna yang tersedia maka semakin lengkap lah Mi Band 4. Mi Band 3 dirilis dengan 3 pilihan warna, yaitu hitam, biru, dan oranye. Akan terlihat lebih baik tentunya jika Xiaomi Mi Band 4 dirilis dengan pilihan warna yang tidak membosankan dan kian bervariasi.