Tak Mau Kalah Huawei P30 Lite Siapkan Kamera Super 48MP

0
65

Huawei P30 Lite merupakan smartphone yang tergabung dalam Huawei seri P30. Dari jajaran smartphone seri P30, P30 Liter merupakan model paling ekonomis. Kendati demikian, P30 Lite dilengkapi dengan fitur dan komponen yang jauh dari kata murahan. Overall, P30 Lite mendapatkan respons dan penilaian yang positif. Hal yang paling dinilai dan direspons positif adalah tiga kamera pada bagian belakang.

P30 Lite dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang, yaitu kamera utama 48MP, kamera ultra wide 8MP, dan kamera depth sensor 2MP. Dengan adanya tri kamera tersebut, kualitas pemotretan P30 Lite meningkat. Tri kamera bukan satu-satunya aspek yang mendapatkan penilaian positif, P30 Lite juga dipuji karena desainnya yang atraktif serta harga yang dibanderolnya dapat dikatakan pas dengan kemampuan yang ditawarkannya.

Speknya Memang Tidak Sekuat P30 Lite

Chipset Kirin 710 Chipset, Octa-Core Processor, Mali-G51 MP14 GPU
Memory 4/6GB RAM, storage 128GB (expendable via a microSD-hybrid slot)
Screen 6.15” LTPS IPS LCD, 1,080 x 2,312 px resolution (415ppi); waterdrop notch
Camera Main: 48MP, f/1.8, 27mm, PDAF; Ultra Wide: 8MP, f/2.4. 17mm, Fixed Focus; Depth Sensor: 2MP, f/2.4; Video: 1080p@30/60fps capture, EIS
Selfie Cam 24MP, f/2.0, Portrait Mode with live bokeh effects
Battery 3,340mAh; Fast Charge 18W
Connectivity Dual SIM, Wi-Fi a/b/g/n/ac; GPS; Bluetooth 4.2 + LE, NFC, USB Type-C
Body Dual-glass with plastic frame; Peacock Blue, Midnight Black, Pearl White color schemes; 159g

 

Spesifikasi P30 Lite di atas dirangkum dari GSM Arena (gsmarena.com). Namanya juga edisi ‘Lite’, tentu spesifikasi atau speknya tidak akan sekuat edisi non-lite. Jadi, jangan harapkan spek yang tinggi dengan fitur super canggih kelas atas. P30 Lite juga dilengkapi dengan rear-mounted fingerprint scanner dan single bottom-firing loudspeaker. P30 Lite menggunakan chipset Kirin 710 yang diklaim cocok untuk para gamer.

Desain yang Atraktif

Mengutip dari Selular (selular.id), P30 Lite memiliki berat yang cukup ringan dan nyaman ketika digenggam. P30 Lite memiliki bobot 159 gram dengan dimensi 152.9 x 72.7 x 7.4 mm. Dilihat dari bentuknya tersebut, P30 Lite tampak gagah dan elegan, terutama untuk varian warna Midnight Black. Selain Midnight Black, warna lain pun tidak kalah menarik, termasuk Peacock Blue dan Pearl White.

P30 Lite menggunakan layar IPS LCD dengan ukuran 6,15 inci, resolusi 2312 x 1080 pixel. Pada bagian belakang, tri kamera unggulannya terpasang vertikal dengan rapi pada sisi kiri. Sementara LED flash berada di bawah tri kamera. Di sisi kanan terdapat tombol volume up/down dan tombol power. Secara keseluruhan, desain dual-glass Huawei P30 Lite cukup atraktif dengan pilihan warna yang atraktif dan elegan.

Triple Kamera yang Mengesankan

Tiga kamera yang terpasang pada P30 Lite adalah main 48MP PDAF f/1.8, ultra wide 8MP f/2.4 fixed focus, dan 2MP fixed focus f/2.4 depth sensor. Selain ketiga kamera tersebut terdapat 1 LED flash yang posisinya cukup berdekatan. Kamera selfie P30 Lite pun tidak kalah mengesankan. P30 Lite menggunakan kamera selfie 24MP sensor dan lensa f/2.0. Bagaimana dengan hasil pemotretannya?

Hasil pemotretan dari kamera utama tersebut menghasilkan gambar resolusi 12 MP. Secara umum, pemotretan berupa image, portrait, dan selfie hasilnya baik baik. Terlebih jika pemotretan dilakukan pada objek yang cukup terang. Meskipun begitu beberapa mode atau fitur pemotretan menghasilkan gambar yang tidak sesuai dengan keinginan. Namun, secara umum tidak terdapat masalah serius pada hasil pemotretannya.

AI yang digunakan pada kamera ini mampu mengidentifikasi 22 jenis objek. Kemampuan identifikasi cepat dan baik. Selain kemampuan mengindetifikasi objek sekitar, Anda juga bisa menyesuaikan parameter gambar berdasarkan identifikasi objek tersebut. Memang, kadangkala hasil pengidentifikasian objek beserta hasil fotonya tidak begitu pas, sedikit aneh, atau terlihat diproses secara berlebihan. Tersedia juga beragam fitur pemotretan.

Diantara fitur-fitur tersebut adalah Night Mode, Portrait Mode, dan Aperture Mode. Untuk Anda yang sudah menggunakan smartphone Huawei, Anda tidak akan sulit beradaptasi dalam menggunakan kamera ini. Jika dibandingkan dengan kamera Huawei P30 Pro tentu kamera dari P30 Lite masih kalah. Namun dengan harga dan kapabilitas yang ditawarkannya, eksistensi dan performa tri kamera tersebut cukup mengesankan.

Harga Pas Kualitas Pas

P30 Lite memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kamera yang cukup mengesankan (kamera utama dan selfie), desain yang mengundang perhatian, dan memiliki performa yang baik untuk bermain game. P30 Lite juga mendapatkan kritik pada sektor baterai yang standar bahkan sedikit mengecewakan, kualitas layar IPS yang biasa saja, dan tidak tersedianya kamera 48MP di seluruh wilayah penjualan.

Rataan harga Huawei P30 Lite di beberapa toko online adalah antara Rp 3,8 juta hingga Rp 4,2 juta. Jangan berharap kamera dan supercanggih dengan pemotretan yang sempurna, P30 Lite bukan produk untuk kalangan atas. Meskipun begitu, dengan harga yang ekonomis dan kemampuan yang dimilikinya, smartphone dari Huawei ini patut mendapatkan apresiasi.