Mengenal Lebih Jauh Android Q, Apa Sih Kelebihannya?

0
113

Dengan menggunakan bahasa yang sederhana, Android Q adalah versi selanjutnya dari Android. Q akan memiliki performa dan kapabilitas yang lebih baik dari pendahulunya tersebut. Berdasarkan Android Q Beta 3 yang dirilis pada 3 Mei 2019, terdapat banyak fitur yang membuat penggunanya berdecak kagum dan semakin tidak sabar menunggu kapan sistem operasi tersebut dirilis. Kapan Q akan dirilis ke publik?

Hingga saat ini belu terdapat jadwal resmi mengenai perilisan Q. Namun, tersiar kabar bahwa kemungkinan Q akan dirilis pada Agustus tahun ini. Beberapa fitur yang terdapat pada Q adalah Dark Mode, Smart Reply, Focus Mode, sharing Wi-Fi menjadi lebih mudah dengan kode QR, dan Sharing Shortcuts. Sebelum dirilis, masih terdapat 3 versi Beta (Beta 4, Beta 5, Beta 6) yang diperkirakan akan dirilis pada Juni dan Juli tahun ini.

Masih Ada Beta 4, Beta 5, dan Beta 6

Bagi Anda yang penasaran dengan versi termutakhir dari Android tersebut, Anda bisa mencoba 3 versi Beta selanjutnya. Daripada penasaran dan menunggu hingga (kemungkinan) Agustus, tidak ada salahnya mengulik Q versi Beta untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai sistem operasi tersebut. Dirangkum dari Techradar (techradar.com), berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui mengenai Android Q.

  • Q kemungkinan akan dirilis pada Agustus tahun ini.

  • Kemungkinan Q akan menjadi free update bagi pengguna Android.

  • Masih terdapat 3 versi Beta yang kemungkinan akan dirilis pada Juni-Juli tahun ini.

  • Anda dapat mencoba versi Beta 3 yang sudah diluncurkan.

  • Tidak semua smartphone dapat menggunakan Beta 3. Paling tidak, terdapat 23 smartphone yang sudah bisa menggunakan Beta 3.

  • Smartphone tersebut adalah semua model Google Pixel, Asus Zenfone 5Z, Huawei Mate 20 Pro, LG G8, Sony Xperia XZ3, Realme 3 Pro, Nokia 8.1, Xiaomi Mi 9 dan Mix 3 5G, Vivo Nex S, A, dan X27, Techno Spark 3, Oppo Reno, dan OnePlus 6T, dan Essential Phone.

Fitur-fitur Top Android Q

Beberapa fitur bau, baik yang sudah dikonfirmasi oleh Google maupun yang digadang-gadang akan hadir pada versi terbaru Android tersebut memang berhasil mengundang banyak perhatian. Fitur dan pembaharuan pada Q tidak sedikit dan diprediksi akan membuat sistem operasi ini semakin mudah dan nyaman digunakan serta semakin memenuhi tuntutan zaman. Apa saja fitur-fitur top Android versi terbaru tersebut?

Dikutip dari Android Authority (androidauthority.com), berikut adalah fitur top Android Q yang harus Anda ketahui.

1. Dark Mode

Sebelumnya, Google sudah bereksperimen dengan Dark Mode tersebut. Kali ini, Google meresmikan mode gelap tersebut tersedia untuk Android versi terbaru. Dark Mode tersebut dapat diaktifkan pada pengaturan quick-tile atau ketika Anda mengaktifkan opsi menghemat baterai. Dark Mode tersebut juga berdampak pada Google Podcast, Pencarian, dan Foto. Dark Mode ini merupakan fitur yang memuaskan keinginan publik.

2. Smart Reply

Fitur Smart Reply ini sebenarnya sudah tersedia di Google Apps. Namun, Google membuatnya permanen di Android Q. Smart Reply akan memberikan Anda sugesti mengenai isi balasan sebuah pesan. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika Anda hendak membalas pesan pendek dalam waktu cepat.

3. Focus Mode

Melalui Focus Mode, Anda akan lebih bisa berkonsentrasi dengan membuat aplikasi yang Anda anggap mengganggu tidak tampak jelas sekaligus mematikan notifikasi aplikasi tersebut.

4. Sharing Wi-Fi Melalui Kode QR

Fitur ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Ponsel pintar dari Xiaomi dan Huawei sudah menggunakan fitur ini. Langkah Google mengadopsi fitur tersebut merupakan langkah yang patut diapresiasi. Anda dapat share Wi-Fi dengan cara menekan tombol, share kemudian melakukan otentikasi. Setelah itu, teman Anda akan bisa melihat koed QR dan melakukan scan untuk mengakses jaringan Wi-Fi.

5. Menu Sharing yang Lebih Baik

Google dapat dikatakan mendengar banyak keluhan orang mengenai fungsi sharing yang lambat dan kurang intuitif. Untuk memperbaiki hal tersebut, Google akan menyediakan menu sharing yang lebih cepat, termasuk kemampuan memberikan rekomendasi kontak atau aplikasi.

6. Akses Lebih Cepat ke Pengaturan

Umumnya, mengakses opsi pengaturan saat ini sudah cukup mudah dan cepat. Namun, jika memang bisa dipercepat dan dipermudah, kenapa tidak. Google memahami betul hal tersebut menampilkan menu popup yang dapat dipanggil melalui aplikasi pada situasi tertentu.

7. Files App yang Lebih Baik

Android Q akan membuat files app menjadi lebih baik dengan menambahkan shortcut, universal search bar di bagian atas, dan akses cepat ke aplikasi lainnya. Selain itu, opsi melakukan revisi UI juga tersedia. Masih banyak waktu bagi Google untuk menyempurnakan fitur ini.

8. Perubahan pada Permissions

Android Q menyadari arti privacy dan keamanan. Karenanya, Q akan memberikan Anda kontrol yang lebih luas dan lebih spesifik pada setiap aplikasi dan opsi pengaturan pada smartphone Anda. Contohnya, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dalam bentuk popup apakah sebuah app dapat mengetahui lokasi Anda dan bahkan Anda dapat mengatur apakah sebuah aplikasi pesan bisa mengirim pesan secara otomatis atau tidak.