Inovasi Baru Samsung Galaxy Fold, Apa Kelebihannya?

0
204

Samsung Galaxy Fold berhasil mencuri perhatian karena kemampuannya untuk bertransformasi dari smartphone menjadi tablet. Siapapun yang pertama kali mendengarnya akan antara kagum, tidak percaya, atau bahkan tersenyum meremehkan. Nyatanya hal tersebut benar adanya. Kemampuan ‘melipat’ tersebut buka satu-satunya inovasi pada ponsel pintar tersebut. Terdapat beberapa inovasi lain yang terdapat pada Galaxy Fold.

Inovasi-inovasi yang Mengundang Decak Kagum

Galaxy Fold memang diciptakan untuk membuat kesan inovatif dan revolusioner yang kuat. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa smartphone ini bukan untuk dipakai tetapi untuk dipamerkan. Harganya pun sudah pasti tidak murah. Mengutip South China Morning Post Style (scmp.com), terdapat 7 inovasi yang membuat Galaxy Fold berhasil menarik banyak perhatian. Berikut ke-7 inovasi tersebut.

1. Dari Smartphone ke Tablet

Inilah inovasi utama yang membuat Galaxy Fold ditunggu kehadirannya. Ya, smartphone tersebut dapat berubah atau bertransformasi menjadi tablet, begitu pun sebaliknya. Tak pernah terpikirkan sebelumnya mengenai realisasi hal tersebut. Galaxy Fold berhasil dan mampu merealisasikannya.

2. Transformasi Tidak Hambat Aktivitas

Transformasi dari smartphone ke tablet tidak menghambat aktivitas atau pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Samsung menyebutnya sebagai app continuity dimana apapun yang Anda lakukan pada satu sisi ponsel akan berlanjut ketika Anda membuka sisi lainnya untuk menjadikan ponsel tersebut tablet.

3. Sensor Fingerprint Tersembunyi dengan Cerdas

Samsung menyimpan sensor fingerprint di bawah tombol volume, pada sisi kanan Galaxy Fold. Hal tersebut merupakan solusi cerdas untuk membuka ponsel terlepas apakah ponsel tersebut tertutup atau terbuka (tablet).

4. Menggunakan 2 Baterai

Adanya 2 perangkat dalam 1 produk tentu membutuhkan dukungan baterai yang kuat dan tahan lama. Tidak tanggung-tanggung, Samsung Galaxy Fold dibekali oleh 2 baterai. Diharapkan dengan adanya 2 baterai tersebut, kekuatan yang dihasilkan cukup untuk menopang produk inovatifnya tersebut.

5. Kemampuan Multi-Tasking

Salah satu tuntutan publik dari produk smartphone dan tablet dalam satu perangkat ini adalah menyediakan kemampuan multi-tasking yang baik. Contohnya, kemampuan untuk menjalankan 3 aplikasi dalam satu waktu. Tentu saja ekspektasinya tentu tidak harus menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu setiap waktu. Impresifnya, Samsung berhasil mendemonstrasikan kemampuan multi-tasking tersebut.

6. Punya 6 Kamera

Bersiaplah, karena jika Anda berpikir ponsel dengan 4 kamera itu mengesankan maka Anda harus berpikir ulang. Samsung ‘menganugerahkan’ Galaxy Fold dengan 6 kamera. 3 kamera berada di bagian belajang, 2 di bagian dalam, dan 1 di bagian depan. Anda bisa menggunakan kamera tersebut dalam bentuk ponsel maupun tablet.

7. Desainnya yang Unik

Masih banyak orang menganggap bahwa Galaxy Fold beserta inovasinya hanyalah omong kosong. Pembuktian hal tersebut tentu soal lain. Namun, tidak ada yang bisa menyangkal desain dan bentuk Galaxy Fold yang yang mengesankan. Kendati tampak langsing ketika menjadi smartphone, Galaxy Ford dapat berubah menjadi tablet berukuran 7.3 inci. Galaxy Fold tidak diragukan lagi memiliki desain yang unik dan sulit dipercaya.

Semuanya Sempurna Sebelum Masalah Kerusakan Layar Muncul

Mengutip dari Digital Trends (digitaltrends.com) Dilihat dari performa dan kinerjanya, hampir tidak ada yang bermasalah. Galaxy Fold dinilai menggunakan software yang memuaskan dan performa yang handal dan kencang. Begitu juga dengan fitur multi-taskingnya yang impresif. Hal lain yang patut diapresiasi adalah daya tahan baterai yang cukup lama. Desain dan ukuran layarnya pun cocok untuk fasilitas hiburan.

Sayangnya, inovasi-inovasi dan penilaian yang baik pada kinerja dan desainnya tersebut harus dinodai dengan 1 kesalahan fatal. 1 kesalahan fatal tersebut bukan kritik pada Galaxy Fold, diantaranya harganya yang mahal dan layar depan yang tidak begitu berguna. Kesalahan fatal tersebut adalah layarnya yang mudah rusak. Kerusakan tersebut sudah banyak dilaporkan oleh para penguji dan media yang mendapatkan Galaxy Fold lebih awal.

Layar Mudah Pecah dan Rusak, Rilis Galaxy Fold Dijadwal Ulang?

Diklaim sebagai produk yang akan memberikan definisi dan standar baru bagi sebuah smartphone, Galaxy Ford mengalami satu permasalah utama. Kendati inovatif, terdapat banyak laporan mengenai kerusakan pada salah satu layarnya. Layar tersebut mengalami kerusakan ketika dicoba untuk dibuka tutup, dari smartphone ke tablet atau sebaliknya. Laporan kerusakan tersebut didapatkan dari para reviewer atau pengulas produk.

Dijadwalkan rilis ke pasaran pada 26 April, Samsung terpaksa menunda perilisan Galaxy Ford. Permasalahan tersebut memaksa Samsung untuk menjadwal ulang tanggal rilis penjualan Galaxy Ford. Kapan tepatnya, smartphone tersebut akan dirilis? Mengutip dari Tom’s Guide (tomsguide.com), hingga saat ini belum ada jadwal rilis pasti. Samsung sendiri menyatakan sudah menemukan solusi dan sudah memperbaiki kerusakan tersebut.

Permasalah kerusakan layar pada Samsung Galaxy Fold tersebut merusak mimpi indah dan penantian dari smartphone yang inovatif dan menjanjikan tersebut. Diharapkan Samsung berhasil memperbaiki permasalahan tersebut dan segera merilis Galaxy Fold ke pasaran dalam waktu dekat. Jangan sampai, segala inovasi yang direspons positif tersebut menjadi percuma karena permasalahan kerusakan pada layar tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here