Jadi Vlogger Professional dengan Bermodal Android

0
104
Jadi Vlogger Professional dengan Bermodal Android
Jadi Vlogger Professional dengan Bermodal Android

Jika anda memutuskan untuk menjadi seorang vlogger yang terlihat profesional, mungkin anda berpikir bahwa perlengkapannya cukup merepotkan. Jangan khawatir, karena anda bisa menggunakan smartphone Android anda untuk melakukan vlog. Bagaimana cara dan tipsnya? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Cara Menjadi Vlogger Menggunakan Android

1. Instal aplikasi video

Saat ini, terdapat banyak aplikasi video di Android seperti Cinema FV-5 yang bisa diatur saat anda melakukan shooting video seperti kecerahan, ISO dan berbagai mode lainnya. Jika anda menginginkan video yang memiliki efek tertentu, gunakan aplikasi FX Guru yang menyediakan efek khusus seperti horor dan sci-fi. Anda bisa menemukan aplikasi video ini di Play Store.

2. Alat dan Cara Shooting

Selain kamera yang mumpuni di smartphone, anda juga membutuhkan alat seperti tripod atau tongsis agar kualitas video anda stabil sepanjang shooting. Setelah itu, anda perlu menemukan pencahayaan yang tepat agar kualitas video anda cukup baik. Kemudian, anda memerlukan microphone atau perekam suara jika anda tidak melakukan vlog yang bersifat talking head.

Saat shooting, pastikan video yang anda ambil adalah landscape. Saat ini, video yang berbentuk potrait tidaklah lazim di berbagai vlog. Miringkan smartphone anda saat mengambil video. Jangan khawatir anda melakukan kesalahan bicara saat shooting, biarkan narasi anda mengalir karena nanti video akan diedit sebelum diposting.

3. Mengedit Video

Yang pasti, jangan pernah mengunggah video tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya hanya dengan menginstal aplikasi sepert ActionDirector yang saat ini tersedia untuk Android. Import clip yang sudah anda buat kemudian edit. Agar terlihat menarik, tambahkan teks, gunakan slow motion di beberapa bagian, dan potong bagian video yang menurut anda mengganggu narasi utama vlog.

4. Mengunggah Video

Setelah video selesai diesit, saatnya mempostingnya ke Youtube. Setelah diunggah, anda perlu mengkustom thumbnailnya agar penonton bisa melihat snapshot dari video anda. Namun, anda hanya bisa melakukan kustom jika akun anda telah diverifikasi. Jika tidak, hanya ada pilihan tertentu yang dipilihkan oleh YouTube. Jangan lupa menisntal Youtube Creator Studio agar vlog anda mudah dimanajemen dan update komentar yang masuk.