5 Kelemahan iPhone atau iPad yang Telah Di Jailbreak

0
277

Pengguna gadget dari Apple pasti pernah mendengar istilah jailbreak.  Jailbreak artinya meningkatkan kemampuan iPhone atau iPad untuk menginstal aplikasi pada perangkat yang asalnya dari pihak ketiga. Tetapi, jailbreak merupakan proses yang berisiko bagi gadget. Apa saja kelemahan setelah proses jailbreak dilakukan? Berikut ini adalah ulasannya.

Kelemahan iPhone dan iPad Setelah Jailbreak

1. Tidak Bisa Memperbarui Software

Jailbrea yang memungkinkan adanya modifikasi tidak resmi membuat iPhone atau iPad tidak bisa diperbarui softwarenya. Jika anda memperbarui versi iOS, maka tentu saja proses dan hasil jailbreaking akan lenyap. Saat Apple merilis versi baru dari iOS, anda harus menunggu versi jailbreak terlebih dahulu. Sementara saat OS terbaru telah dijailbreak, Apple bisnya akan merilis pembaruan untuk memblokirnya.

2.Kemungkinan Ponsel Rusak

Proses jailbreak adalah hal yang berbahaya bagi iPhone dan iPad. Karena jika prosesnya gagal, maka ponsel akan rusak. Sementara jika jailbreak berhasil, maka anda akan kehilangan kesempatan untuk memperbarui OS. Software yang diinstal biasanya akan eror dan sama sekali tidak bisa dipulihkan. Meskipun iPhone atau iPad bisa direstore melalui mode DFU, sayngnya persentase pemulihannya snagatlah kecil.

3. Kehilangan Masa Garansi

Apple bisa menolak pelayann masa garansi bagi iPad dan iPhone yang telah dijailbreak. Dengan kata lain, Apple bis menolak perangkat anda di berbagai macam perbaikan jika perangkat tidak berfungsi atau rusak setelah proses jailbreaking. Patut diingat bahwa iPhone dan iPad adalah gadget yang mahal sehingga jailbreak sudah seharusnya dianggap hal yang berbahaya.

4. Keamanan Bermasalah

Karena iPhone yang telah dijailbreak tidak lagi berad di dalam lindungan Apple, maka ponsel akan berisiko terkena aplikasi yang mengandung malware. iOS telah didesain untuk menjadi OS yang bersedia melindungi informasi dan sistem yang digunakan pengguna. Setelah jailbreak, ada kemungkinaan hacker akan mencuri informasi pribadi, merusak perangkat, menyerang jaringan pengguna dan menyebar virus.

5. Terlalu teknis dan berisiko

Meski proses jailbreak bisa dilakukan siap saja, namun pengguna setidaknya harus thu sedikit tentang pengetahuan berbasis teknologi. Biasanya iPhone dan iPad yang telah dijailbreak tujuannya hanya ingin mendapatkan aplikasi tertentu, sementara risikonya adalah aplikasi lain akan sulit diakses. Belum lagi gadget akan berisiko terserang malware berbahaya.