Khawatir Daerah Anda Terkena Banjir, Pantau Wilayah Banjir Dengan Google Maps

0
1181

Belum lama ini dalam dua bulan Jakarta sudah mengalami bencana banjir yang besar sebanyak dua kali. Padahal hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Bencana ini membuat beberapa tempat terpaksa harus ditutup karena tidak bisa beroperasi, beberapa rumah warga juga terendam banjir sehingga harus mengungsi.

Kondisi jalan di beberapa wilayah yang tidak stabil membuat para masyarakat harus terus memantau perkembangan wilayah banjir di sekitarnya. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa lebih bersiaga dalam menghadapi banjir.

Berikut Cara Memantau Banjir Lewat Google Maps

Untuk memudahkan masyarakat untuk mendeteksi perkembangan wilayah banjir, Google Maps sudah melengkapi aplikasinya dengan pendeteksi banjir. Melalui Google Maps Anda bisa langsung memantau daerah mana saja yang terkena banjir atau berpotensi banjir.

Fitur terbaru ini dinamakan Java Floods. Fitur ini berfungsi untuk memberikan tanda bagi wilayah yang terkena dampak banjir dan tidak bisa dilalui. Hal ini membantu para pengguna untuk bisa lebih mudah menghindari wilayah yang terkena banjir dan bisa tetap nyaman menggunakan jalan.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang fitur terbaru Google Maps ini mungkin akan sedikit bingung. Untuk itu berikut akan dijelaskan tentang bagaimana cara menggunakan Google Maps untuk memantau banjir. Berikut langkah-langkahnya.

  • Update aplikasi Google Maps yang sudah Anda miliki melalui Play Store
  • Masuk ke pilihan explore
  • Klik icon yang bertulisan Java Floods. Secara otomatis Google Maps akan menunjukkan wilayah yang terkena banjir dengan icon berwarna merah. Bahkan melalui Google Maps Anda bisa lebih mudah mengetahui luas wilayah yang terkena dampak banjir
  • Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang wilayah yang terkena banjir, Anda bisa melihatnya pada bagian menu see last update. Dengan begitu Anda bisa langsung mendapatkan informasi terkini tentang wilayah yang terkena dampak banjir.

Dengan adanya aplikasi pantau banjir melalui Google Maps ini, para masyarakat bisa lebih tenang dalam menghadapi bencana. Selain itu Anda juga bisa memantau apakah ada kerabat yang tinggal di daerah yang rawan banjir. Dengan begitu tanpa harus menunggu informasi resmi di media Anda sudah bisa mengecek sendiri perkembangan daerah yang terkena banjir.