Kini Versi Beta Android 11 Bisa Dipakai Di Pixel

0
9

Android adalah salah satu OS paling populer di dunia. Hampir semua produk handphone yang rilis di dunia menggunakan versi ini. Sekarang versi terbaru adalah Android 10. Tapi pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2020 lalu, Google baru saja memberitahukan tentang Android 11 versi beta ke khalayak umum. Versi Android terbaru ini kabarnya bisa dipakai di handphone Pixel.

Seri Pixel yang Bisa Di Install Android 11 Beta

Lalu pertanyaannya adalah apa saja seri handphone Pixel yang bisa menggunakan Android 11 versi beta ini?

  • Pixel 2.
  • Pixel 2 XL.
  • Pixel 3.
  • Pixel 3 XL.
  • Pixel 3a,
  • Pixel 3a XL.
  • Pixel 4, dan
  • Pixel 4 XL.

Tapi untuk bisa mencoba versi beta dari Android 11 ini Anda harus melakukan update OTA atau Over-the-air.

Fitur Baru Android 11

1. Chat di Menu Pull-Down

Fitur pertama yang Anda dapatkan adalah chat yang bisa muncul di menu pull-down. Menu pull-down adalah menu yang muncul saat Anda menarik ke bawah bagian atas layar handphone Anda. Tidak hanya bisa membaca chat, tapi juga bisa sekaligus melakukan pembalasan chat.

2. Fungsi Baru Tombol Daya

Jika tombol daya hanya memiliki beberapa fungsi di seri Android yang sebelumnya, pada seri 11, tombol daya yang ada di luar memiliki fungsi tambahan. Berdasarkan keterangan, fungsinya akan berhubungan dengan perangkat di sistem rumah pintar. Soal apa rincinya, belum ada keterangan lebih lanjut.

3. One Time Permission

Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna mengatur akses kamera, mikrofon, dan lokasi atas beberapa aplikasi dengan hanya sekali akses. Maksudnya begini. Biasanya jika ada aplikasi baru yang membutuhkan akses ke kamera, Anda harus memberikannya ijin sekali dan seterusnya aplikasi itu akan bisa mengakses kamera Anda.

Dengan menggunakan fitur One Time Permission ini Anda bisa membuat izin penggunaan perangkat kamera, mikrofon, sampai notifikasi itu hanya sekali saja. Hal ini bisa membuat perangkat Anda jadi lebih aman.

4. Screen Recorder

Fitur ini memang bukan fitur baru. Anda sudah bisa melakukannya di iPhone atau jika di Android, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi belum ada aplikasi bawaan dari Androidnya langsung. Di Android 11, sudah ada fitur untuk merekam layar.

Dengan adanya beberapa fitur tambahan itu, Android 11 layak untuk ditunggu. Sampai saat ini belum ada keterangan pasti handphone apa saja yang akan menggunakan OS ini. Seharusnya seperti pendahulunya, semua handphone yang tidak memiliki OS sendiri, akan memakai Android 11.