Oppo Smartphone Berlayar Lengkung

Ada kabar datang dari Oppo Smartphone yang akan memiliki layar melengkung dibagian sisi kanan kirinya. Ini adalah layar tipe terbaru dari Oppo yang “diadopsi” dari Samsung.

Salah satu ciri khas dari HP Samsung kelas High End adalah penggunaan layar OLED Flexible yang memiliki lengkung pada kedua sisinya. Atau biasa juga disebut Edge Display. Kabarnya Samsung akan memasok layar ini untuk Oppo Smartphone.

Layar yang dikirim Samsung ke Oppo adalah layar OLED Flexible dengan bentang 6,4 inchi. Layar dengan ukuran ini pas ditangan kebanyakan orang di Indonesia.

Beberapa HP Samsung tipe Galaxy menggunakan kata “edge” dibelakang serinya. Hal ini digunakan sebagai salah satu tanda bahwa HP Galaxy tersebut memiliki layar lengkung di kedua sisinya. Seperti Samsung Galaxy S6 Edge dan Samsung Galaxy S7 Edge.

Layar Lengkung Khas Samsung

Desain layar lengkung terus digunakan pada Galaxy S series hingga saat ini meski tanpa embel-embel edge. Samsung berlayar edge ini dibanderol dengan harga yang mahal. Harga layar OLED ini lima kali lebih mahal dibandingkan layar biasa.

Harga layar lengkung ini dibanderol sekitar 100 dollar AS per unit atau Rp 1,4 juta rupiah. Info ini didapat dari Android Authority, Jum’at (8/6/2018).

Bisnis layar antara Samsung dan Oppo sebenarnya sudah berlangsung lama. Namun untuk unit layar OLED baru kali ini dilakukan Oppo dan Samsung. Ada kabar bahwa Smartphone Oppo yang mengusung tampilan edge display akan debut pada Bulan Juli atau Agustus Tahun ini.

Kelebihan dan kekurangan Layar OLED

Kelebihan dari layar OLED adalah sangat tipis dan ringan. Hal ini disebabkan layar OLED yang memiliki pencahayaan sendiri. Layar ini juga lebih hemat energy dibandingkan layar HP pada umumnya.

Keunggulan yang satu ini juga tidak kalah penting. Yaitu waktu respon yang diperlukan 1.000 kali lebih cepat dari layar LCD. Dalam hal tingkat kepekatan layar, OLED jauh lebih pekat dibandingkan layar Plasma yang terkenal memiliki kepekatan warna hitam unggulan.

Setelah Kita mengetahui kelebihannya, Kita juga perlu tahu kekurangannya. Masalah utama yang dimiliki layar OLED adalah singkatnya umur layar OLED biru. Layar OLED lebih rentan terhadap air dibandingkan teknologi lainnya.

Panel OLED ini juga berperforma buruk ketika berada dibawah sinar Matahari. Hal ini disebabkan oleh komponen yang ada digunakannya.

Sekian artikel tentang Oppo Smartphone berlayar lengkung. Semoga bermanfaat untuk pembaca setia Kami.