Pekan Ini Kominfo Segera Meluncurkan Cara Pemblokiran IMEI Ponsel, Siap-Siap Ya!

0
253

Pekan ini cara pemblokiran IMEI atau International Mobile Equipment Identity akan segera dilakukan. Akan tetapi untuk sistem yang digunakan, baik itu whitelist maupun blacklist belum bisa ditentukan. Namun yang pasti untuk pekan ini, untuk sistemnya akan segera ditentukan bersama dengan pimpinan operator seluler.

Mekanisme Pemblokiran Ponsel Ilegal

Untuk pemblokiran ponsel ilegal atau EIR Equipment Identity Register akan dibebankan kepada pihak operator. Untuk peluncuran pemblokiran IMEI ponsel ini, pihak dari operator tidak mempermasalahkannya, karena hal ini semua terpusat pada kementerian perindustrian. Sementara untuk sistemnya sudah terdapat di sana dan pemerintah pun juga sudah menyiapkannya. Sehingga hanya tinggal menunggu penentuan metode yang digunakan.

Pihak operator seluler pun juga telah menyepakati untuk memberikan penambahan sedikit alat secara proporsional sesuai revenue. Diantara kedua pilihan sistem tersebut yaitu, antara whitelist dan blacklist nantinya akan dilakukan pemilihan salah satunya saja.

Whitelist IMEI

Mekanisme dari whitelist, ketika melakukan pengecekan dan terdeteksi menggunakan ponsel ilegal, pengguna tidak akan bisa memperoleh sinyal sama sekali dari awal pemakaian. Untuk mekanisme dari Blacklist itu sendiri, ponsel pengguna akan memperoleh sinyal terlebih dahulu. Namun jika ketentuan dari IMEI ilegal, maka akan mendapatkan pemberitahuan notifikasi yang akan dilakukan pemblokiran.

Letak perbedaan tersebut yaitu terdapat pada bagian sinyal yang bisa didapatkan di awal oleh blacklist. Sementara untuk whitelist tidak akan mendapatkan sinyal sama sekali. Untuk kedua cara atau metode yang digunakan tersebut tentunya tidak asal dipilih saja. nantinya pihak dari Kominfo akan mengungkapkan dan disetujui oleh beberapa pihak yang terkait.

Sebab itulah untuk keduanya belum bisa ditentukan saat ini. Namun sudah bisa dipastikan bahwa untuk pekan ini, tepatnya bulan Maret, pemilihan metode tersebut sudah bisa ditentukan bersama. Akan tetapi sebelum memutuskan pemblokiran ini, pihak pemerintah telah melakukan uji coba terlebih dahulu mengenai metode dari pemblokiran blacklist.

Cara ini dilakukan dalam rangka untuk menguji fungsi dari EIR atau Equipment Identity Registration dan juga untuk menentukan POC atau Proof of Concept yang nantinya hendak dipilih. Dalam uji coba tersebut telah mendapatkan skenario pengujian yang berjalan dengan sangat baik sesuai yang diharapkan. Untuk totalnya terdapat 15 use case yang telah diuji.