Profesi Baru di Era Digital

0
132
profesi baru di era digital

Semenjak Alexander Graham Bell menemukan telepon pertama kali, tidak pernah ada yang menyangka bahwa hal tersebut dapat secara perlahan tetapi pasti menggantikan sistem komunikasi melalui surat untuk melakukan komunikasi antara dua pihak secara cepat. Hal tersebut pula yang kemudian sekian puluh tahun kemudian menjadikan adanya profesi baru di era digital yaitu petugas customer service yang bertugas melayani anda.

Potensi karier di era perkembangan teknologi

Saat ini, dunia teknologi telah semakin maju karena terus berkembang. Mirip dengan contoh yang sudah disebutkan di atas, terdapat banyak contoh jenis-jenis pekerjaan atau profesi baru di era digital yang kemudian menjadi ada, setelah ditemukan sistem komunikasi lanjutan dari telepon yaitu generasi telepon pintar. Berikut tiga profesi yang berkembang di era tersebut dan tugasnya:

Digital illustrator

Dahulu, orang mengabadikan momen penting dalam hidupnya menggunakan tiga cara yaitu video, foto dan lukisan. Saat ini, video dan foto sudah beralih dari rol film ke mode digital yang dapat langsung diperbanyak hanya dengan menyalin file video atau gambar tersebut dan tidak akan ada penurunan kualitas.

Adapun untuk gambar, dahulu orang menggunakan kanvas kertas, kuas dan beberapa jenis cat yang tidak bisa digandakan secara sama persis. Saat ini, orang sudah banyak menggunakan jasa illustrator untuk menggambar secara digital menggunakan tablet ataupun komputer. Tentu saja, hasil gambar dari illustrator tadi bisa dengan mudah disalin maupun diunggah ke media sosial melalui koneksi internet.

Tenaga ahli search engine optimization (SEO)

Untuk anda yang bekerja menggunakan media internet, pasti memilih konten dan laman website yang tampil di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (search engine) misalnya Google, Bing atau Yahoo.

Agar laman website anda mampu dikenal dan ditampilkan di halaman pertama, maka perlu melakukan teknik-teknik SEO yang dapat dilakukan dengan baik oleh ahli SEO. Profesi baru di era digital saat ini sangat populer dan banyak dibutuhkan.

Animator

Perkembangan film kartun saat ini sudah sangat pesat, bahkan studio film terkemuka mampu membuat film animasi karya animator handal mampu merajai pendapatan box office dunia.

Demikian contoh jenis-jenis pekerjaan atau profesi baru di era digital, jika kalian tertarik menekuni beberapa profesi baru tersebut belajarlah dari sekarang tidak ada kata terlambat.