Tips Aman Browsing di Tempat Umum

0
51

Saat ini hampir semua tempat umum seperti café, restoran, rumah sakit, hotel dan kampus memiliki jaringan internet gratis yang bisa diakses oleh semua orang. Pertanyaan yang muncul, apakah menggunakan fasilitas internet di tempat umum pilihan yang aman? Tentu saja jawabannya bisa diperdebatkan antara iya dan tidak. Kami memiliki beberapa tips aman browsing di tempat umum:

1. Pastikan Nama Wi-Fi Hotspot

Layanan utama internet gratis di tempat-tempat umum tersebut biasanya berbentuk free Wi-fi Hotspot. Kita harus mewaspadai aksi oknum yang mencoba menjebak orang dengan membuat alamat Wi-FI palsu. Pastikan nama Wi-Fi Hotspot yang anda gunakan merupakan wi-fi resmi yang disediakan tempat umum tersebut.

2. Gunakan Https

Mengakses jaringan public lebih baik menggunakan https://. Pasalnya dengan mengakses situs menggunakan https akan menngenkripsi aktivitas anda. Hal ini merupakan salah satu cara menjaga privasi dan keamanan anda. Biasanya anda akan melihat ikon gembok sebagai tanda bahwa enkripsi telah aktif di sebelah alamat website yang anda tuju

3. Software yang Digunakan Up to Date

Tips berikutnya adalah pastikan software yang anda gunakan saat terhubung di jaringan internet up to date dengan pembaruan terkini. Pasalnya pembaruan software tekini biasanya telah memiliki kemampuan untuk menangkal berbagai virus dan ancaman yang memasuki perangkat anda. Software bisa mengeluarkan peringatan saat ada virus yang memasuki jaringan atau perangkat anda.

4. Aktifkan Firewall

Firewall juga merupakan hal yang oenting digunakan saat mengakses jaringan yang dipakai public. Saat ini, kebanyakan sistem operasi sudah dilengkapi firewall secara otomatis. Anda dapat mengaturnya sendiri pada perangkat komputer anda. Buka Control Panel di Windows, pilih System and Security lalu klik Windows Firewall.

5. Matikan Wi-Fi Saat Tidak Digunakan

Berikutnya, adalah hal yang dianggap sepele namun menjadi hal yang paling penting yaitu mematikan Wi-Fi saat tidak digunakan. Jika anda tetap menyalakan wi-fi saat tak digunakan, bukan tidak mungkin komputer anda masuk ke jaringan internet lain di mana ada orang-orang tidak bertanggung jawab yang bisa saja melakukan keisengan kepada anda.