Tips Membersihkan Handphone dari kuman dan virus

0
79

Di tengah ancaman virus corona sekarang ini, kunci untuk bisa bertahan adalah dengan menjaga kebersihan. Pemerintah sudah menganjurkan kita untuk mencuci tangan secara rutin dan menjaga kebersihan rumah  dan barang dengan menyemprot desinfektan di beberapa tempat. Salah satu barang yang harus kita jaga kebersihannya adalah handphone.Menjaga kebersihan handphone menjadi sangat penting. Tapi bagaimana caranya?

3 Tips Membersihkan Handphone Dari Kuman dan Virus

Ada 3 kunci utama yang bisa kita lakukan untuk membuat handphone tidak hanya bersih dari kuman dan virus, tapi juga bebas dari kuman dan virus setiap saat. Ini kuncinya;

1.    Cuci Tangan Anda

Cuci tangan anda agar tangan anda selalu bersih. Mau tidak mau tangan kita adalah sumber utama yang menyebabkan handphone menjadi penuh kuman. Membuat tangan selalu bersih akan membuat handphone anda bersih dari kuman dan virus.

Untuk membuat tangan anda selalu bersih dari kuman dan virus adalah dengan mencucinya menggunakan sabun sesering mungkin. Ingat, ketika selesai dicuci, diamkan tangan anda dulu selama 20 detik agar kuman dan virus yang ada di tangan benar-benar mati.

Jika tangan anda bersih, maka kemungkinan virus dan kuman menempel di handphone anda akan semakin kecil. Satu lagi, kalau tangan anda bersih, setidaknya anda jadi lebih terlindung dari kuman dan virus meskipun anda tidak memegang handphone. Karena ingat, seperti himbauan pemerintah, tangan yang kotor adalah penyebab utama virus menular.

2.    Keluarkan Handphone Seperlunya

Tips ketiga adalah mengeluarkan atau menggunakan handphone seperlunya.Semakin sering handphone anda keluar dan dipergunakan, maka semakin banyak juga virus dan kuman menempel di handphone anda.

Satu lagi, ketika anda sedang menggunakan handphone, pastikan anda tidak meminjamkannya pada orang lain atau membuat handphone anda dipegang oleh orang lain. Ingat, anda tidak tahu apakah tangan orang tersebut bebas kuman dan virus atau tidak.

Bisa jadi tangan orang tersebut mengandung kuman atau virus tertentu. Kalau tangan mereka mengandung virus tertentu dan menyentuh handphone anda, maka handphone anda bisa terpapar virus dan menular ke anda.

3.    Bersihkan Dengan Alkohol

Tips terakhir adalah dengan membersihkan handphone menggunakan alkohol. Caranya dengan melepas semua aksesoris yang menempel di handphone anda. Lalu jika sedang dicas, pastikan anda cabut dulu dan kalau bisa matikan dulu handphonenya.

Kemudian bersihkan layar secara horizontal dan vertikal. Anda bisa menggunakan tissue yang sudah dicelupkan ke alkohol sebelumnya. Gosok dengan perlahan. Ketika anda terlalu menekan bisa merusak layar. Kemudian bersihkan bagian lain dengan lembut, terutama lubang-lubang di handphone anda. Jangan lupa casing dan aksesoris handphone juga anda bersihkan.

Handphone adalah salah satu medium penyebaran virus dan kuman kalau anda tidak rajin membersihkannya. Jadi, pastikan handphone anda selalu bersih dan terjaga kebersihannya.