Tips Membersihkan Layar TV LED Lama Agar Tampak Baru

0
764

TV LED sebagai barang elektronik tentunya wajib untuk dibersihkan secara berkala agar bersih dari kotoran dan debu. Namun dalam membersihkannya juga harus berhati-hati agar TV LED tetap aman juga tidak tergores. Berikut tips membersihkan layar TV LED lama agar tampak seperti baru lagi.

5 Tips Membersihkan Layar TV LED yang Benar

  1. Matikan TV dengan Mencabut Kabel Power

Langkah pertama adalah mematikan TV secara total. Hal ini berguna untuk keselamatan dan juga mempermudah untuk melihat kotoran yang ada. Juga mengurangi resiko rusaknya piksel  pada TV LED

  1. Memilih Kain Pembersih yang Benar

Pilih jenis kain yang kering dan lembut seperti halnya jenis kain microfiber  untuk mengurangi resiko layar TV LED tergores. Hindari penggunaan bahan non-ultrasoft atau bahan dengan tekstur kasar. Selain itu, jangan terlalu keras saat menekan kain untuk membersihkan layar, cukup usap secara perlahan namun menyeluruh.

  1. Cuka dan Air Perpaduan Cocok Untuk Layar TV LED

Meski banyak cairan pembersih instan namun cara ini dinilai cukup ampuh, yakni memadukan cuka dan air untuk membersihkan layar TV LED dinilai dapat mengangkat kotoran dengan mudah. Air yang digunakan haruslah air bersih yang bening, dengan begitu TV LED yang lama akan nampak baru lagi.

  1. Hindari Bahan Kimia Berlebih

Saat ini memang banyak sekali cairan kimia yang bisa membersihkan layar TV LED. Namun dalam penggunaannya juga tidak boleh berlebihan. Bahan kimia yang mengandung amonia, etil alkohol, aseton/etil klorida contohnya tidak boleh digunakan berlebihan terutama untuk membersihkan layar TV LED di rumah. Karena hal ini justru dapat mengurangi kualitas layar TV seiring berjalannya waktu.

  1. Periksa Layar Setelah Selesai

Penting untuk mengecek kondisi layar TV LED setelah membersihkannya untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal dan melihat apakah ada goresan yang terjadi pada permukaan layar.

Kesimpulan

Menjaga kebersihan barang elektronik di rumah memang seharusnya dilakukan dengan benar dan hati-hati agar tetap awet dan terjaga. Dengan tips membersihkan layar TV LED diatas dapat dipastikan TV LED yang lama dapat kembali tampak seperti baru dan jernih.