Tips Memperkuat Sinyal Wifi Smartphone

Tanpa sinyal wifi yang kuat, Anda tidak dapat menikmati beragam hal yang berhubungan dengan internet dengan maksimal. Sinyal wifi yang lemah akan mengganggu streaming video dan musik yang Anda tonton dan dengarkan. Belum lagi Anda akan merasa kesal karena komunikasi Anda terganggu. Terdapat beberapa tips memperkuat sinyal wifi smartphone. Tenang, Anda tidak perlu membongkar apapun, termasuk smartphone Anda.

Posisi Menentukan Prestasi

Untuk mendapatkan sinyal wifi yang kuat, Anda harus memilih posisi yang tepat. Jika Anda menggunakan wifi di rumah, Anda dapat menyimpan router di posisi yang representatif di mana sinyalnya dapat diakses di seluruh rumah atau ruangan. Hindari menyimpan router atau modem di tempat yang banyak terhalang oleh furnitur, tembok, atau objek-objek lainnya.

Jika Anda di café atau di tempat umum pastikan Anda berada di area yang terbuka (tidak mojok). Jangan biarkan router atau modem yang Anda tempatkan terhalang oleh perangkat elektronik. Perangkat elektronik terbukti dapat mengganggu kualitas sinyal wifi. Beberapa perangkat elektronik mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu kualitas wifi. Kalaupun sinyal wifi tersebut Anda dapatkan, kekuatannya tidak akan maksimal.

Bersihkan Jaringan dan Sinyal Wifi Smartphone

Jika Anda sering menggunakan wifi di tempat umum, di antaranya café, perpustakaan, dan mall, smartphone Anda akan menyimpan nama dan password wifi dari tempat tersebut. Banyak password dan sinyal yang tersimpan akan mengganggu kinerja smartphone Anda dalam menerima sinyal. Bersihkan, hapus, dan rapikan sinyal dan nama wifi tersebut. Jika perlu lakukan pengaturan spesifik. Selain itu, Anda juga bisa memperbaharui software wifi.

Coba cek apakah baseband yang digunakan sudah terupdate atau masih versi lama. Baseband adalah program yang mengatur koneksi internet smartphone, termasuk di dalamnya pengaturan sinyal, nama wifi, dan jaringan data. Selain memperbaharui baseband, Anda juga dapat mengupdate sistem operasi yang digunakan. Hal tersebut dilakukan agar setiap aplikasi atau software dapat bekerja lebih baik dan saling compatible.

Masih Sulit Sinyal, Coba Lepas Casing Smartphone

Jika semua upaya sudah dilakukan tetapi sinyal masih saja lemot, tips memperkuat sinyal wifi smartphone terakhir adalah melepas casing smartphone. Ketebalan casing dapat mengganggu sinyal wifi. Berhati-hati jika Anda menggunakan casing yang menggunakan aksesori yang mempertebal casing. Buka sejenak dan coba rasakan sinyal wifi yang mengencang. Cara tersebut dapat membuat sinyal wifi dapat diterima tanpa penghalang.