Tips Supaya Baterai Ponsel Pintarmu Tidak Bocor

Baterai smartphone menjadi komponen terpenting dari ponsel pintar. Sayangnya entah karena penggunaan atau perawatannya yang tidak pas baterai smartphone rusak dan akhirnya perlu diganti. Banyak ditemui baterai menggelembung atau bahkan meledak. Tidak heran smartphone tidak bisa  awet. Berikut tips untuk mencegah baterai smartphonemu agar tidak bocor yang perlu Anda tahu:

Hindari Smartphone Jangan Sampai Overheat

Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone terlalu berlebihan. Karena akan membuat smartphone harus bekerja berlebihan dan membuatnya overheat. Ini membuat baterai boros karena harus memaksa prosesornya untuk bekerja dengan cepat. Mesin yang panas mempengaruhi akana di cairan baterainya. Overheat ditandai dengan panas pada smartphone.

Jangan Sampai Menggunakan Smartphone Ketika Dicharger

Ketika dicharge, ada baiknya smartphone jangan digunakan atau dimatikan. Ini agar baterai benar-benar terisi dengan baik. jika Anda sering memakai smartphone pas dicharger tidak heran baterai mudah sekali bocor. Bahkan yang lebih parah komponen penting lain di smartphone turut rusak juga.

Jangan Menunggu Baterai Smartphone Kosong Baru Dicharger

Supaya baterai smartphone tidak mudah bocor, usahakan tidak charget smartphone ketika baterai baru kosong. Ingat, boleh saja mengosongkan baterai smartphone sesekali untuk keperluan kalibrasi. Namun jika dibiarkan terlalu kosong akan membua sel pada baterai menurun kualitasnya. Ini menyebabkan panas yang terlalu berlebihan dan membuat baterai akan bocor dengan sendirinya.

Usahakan Membatasi Waktu Charger

Jika baterai kosong, biasanya Anda akan menchargernya dalam waktu yang lama. Bahkan tidak sedikit pengguna yang membiarkan smartphone dicharger semalaman. Jika Anda memiliki kebiasaan seperti ini, baterai smartphonemu mudah sekali untuk bocor. Bukan hanya itu, konektor yang ada di baterai dan smartphone rawan rusak. Jadi mulai sekarang usahakan tidak charget smartphone semalaman.

Itu cara dan tips mudah baterai smartphonemu tidak bocor. Walaupun harga baterai smartphone tidak terlalu mahal tetap saja tanggung jawab atas smartphone itu sangat penting. Bayangkan saja jika baterai rusak atau bocor beberapa kali tentu Anda mengeluarkan biaya yang tidak kecil juga. Yang tidak boleh sampai kelewat Anda harus menggunakan charger yang asli atau original