Wow! SanDisk Extreme 1TB MicroSD Card, Kapan Dijual di Indonesia?

0
40

MicroSD dengan kapasitas 1TB buatan SanDisk siap beredar di pasaran. Mengutip dari Tech My Money (techmymoney.com), SanDisk Extreme 1 TB MicroSD Card sudah tersedia di website penjualan resmi SanDisk dan Amazon. Untuk urusan harga, tentu sebuah kemustahilan MicroSD dengan kapasitas 1 TB dijual dengan harga murah. MicroSD 1 TB dari SanDisk ini dibanderol dengan harga $449.99 atau setara Rp 6,5 juta.

SanDisk yang merupakan bagian dari Western Digital memang angkat nama dari rilisan Micro SD dan USB Flash drive-nya yang mendapatkan respons dan penilaian positif, baik dari kritikus maupun dari pengguna. SanDisk juga angkat nama karena harga produknya yang tidak murah. Dengan dirilisnya MicroSD 1 TB tersebut, menarik melihat sejauh mana MicroSD tersebut dapat terjual terutama untuk mereka pengguna umum (non-antusias).

Bukan Hanya SanDisk, Tetapi Micron Juga

MicroSD SanDisk Extreme berkapasitas 1 TB mampu mencapai kecepatan baca hingga 160 MB/s dan kecepatan tulis hingga 90 MB/s. Adanya MicroSD 1 TB tersebut memungkinkan Anda untuk menghemat waktu ketika mentransfer konten, mampu menangkan dan memotret gambar dengan cepat, ideal untuk merekam video 4K UHD, dan meningkatkan performa aplikasi-aplikasi di smartphone Anda.

Kehadiran MicroSD 1 TB dari SanDisk tersebut tentu direspons positif oleh banyak kalangan, terutama para pengguna ponsel pintar. Selain SanDisk, Micron juga ternyata merilis MicroSD berkapasitas 1 TB. Baik SanDisk maupun Micron merilis MicroSD 1 TB tersebut pada gelaran Mobile World Congress di Barcelona. Adakah perbedaan antara kedua MicroSD serta mana yang lebih baik performanya?

Micron C200 1 TB memiliki kecepatan baca hingga 100 MB/s dan kecepatan tulis hingga 95 MB/s. SanDisk Extreme 1 TB MicroSD Card memiliki kecepatan baca yang lebih baik, tetapi kecepatan tulisnya kalah dari Micron. Bagaimana dengan harga harga MicroSD 1 TB dari Micron? Mengutip Kompas Tekno (tekno.kompas.com), berbeda dengan SanDisk yang sudah mengeluarkan harga, belum jelas berapa harga yang dipasang untuk MicroSD 1 TB dari Micron. Selain harga, MicroSD 1 TB dari Micron belum tersedia untuk umum.

Dikabarkan bahwa MicroSD 1 TB dari Micron baru akan tersedia pada Q2 2019. Selain berkapasitas 1 TB, SanDisk juga merilis SanDisk Extreme dengan kapasitas 512 GB. Anda dapat membawa pulang MicroSD 512 GB dari SanDisk tersebut dengan uang sebesar $199.9 atau setara Rp 2,8 juta. Ya, harga yang dipatok SanDisk untuk kedua MicroSD-nya tersebut memang tidak murah.

MicroSD 1 TB, Apa Untungnya?

Salah satu pertanyaan terbesar yang muncul untuk menyambut ketersediaan MicroSD 1 TB adalah diperlukan atau tidak. Jawabannya tentu akan bergantung pada masing-masing individu. Memiliki dan menggunakan MicroSD dengan kapasitas 1 TB tentu saja menguntungkan. Namun, apakah keuntungan tersebut bersifat optimal dan benar-benar Anda butuhkan atau tidak. Terlebih, harga MicroSD 1 TB tersebut masih sangat mahal.

Tentu, mempertanyakan relevansi mengenai eksistensi MicroSD 1 TB dengan kebutuhan pasar pada SanDisk dan Micron merupakan hal yang konyol. Jadi, pengguna sendiri lah yang harus merespons kehadiran MicroSD 1 TB dengan kritis. Untuk pengguna umum, kapasitas MicroSD sebesar 64 GB atau 128 GB saja sudah cukup. Jawaban berbeda akan muncul dari mereka para profesional di bidang perfileman atau pembuat konten.

Mereka yang menggunakan MicroSD pada kamera, drone, dan ponsel pintar tentu amat diuntungkan dengan kehadiran MicroSD 1 TB tersebut. Semakin besar kapasitasnya semakin menguntungkan dan memudahkan pekerjaan. Dengan adanya MicroSD 1 TB, Anda dapat menyimpan konten dalam jumlah yang lebih banyak. Anda juga tidak perlu menggunakan banyak MicroSD, cukup satu saja dengan kapasitas besar.

Situasi lain yang membuat MicroSD 1 TB menguntungkan adalah ketika Anda merekam video dalam waktu yang lama dan membutuhkan ruang kosong yang besar. Melanjutkan rekaman dengan memasukkan MicrosSD baru tentu tidaklah mungkin. Apakah memiliki dan menggunakan MicroSD 1 TB selalu menguntungkan? Tentu tidak. Tidak semua perangakat atau paling tidak belum mendukung MicroSD 1 TB ini.

Anda tentu harus memeriksakan kecocokan antara MicroSD dengan perangkat yang Anda gunakan. Ada kerugian lain yang perlu Anda ketahui. Jika terjadi kerusakan dan kehilangan pada MicroSD 1 TB tersebut tentu data Anda yang sangat banyak tersebut akan otomatis hilang. Bandingkan jika Anda menyimpan data tersebut dalam beberapa MicroSD. Anda tidak akan serta merta kehilangan data dalam jumlah yang banyak.

Belum Jelas Kapan Dijual di Indonesia

Mengutip Technologue (technologie.id), MicroSD 1 TB dari SanDisk tersebut sudah mulai dijual melalui toko online terkemuka, Amazon. MicroSD 1 TB tersebut tersedia untuk wilayah Jerman, Inggris, dan Spanyol. Bagaimana dengan Indonesia. Hingga saat ini, ketersediaan SanDisk Extreme 1 TB MicroSD Card di Indonesia belum jelas. Selain itu belum ada informasi lebih lanjut mengenai apakah MicroSD 1 TB tersebut akan dijual resmi di tanah air.