Xiaomi Mi 9 SE: Fungsi Optimal Harga Terjangkau

0
76

Xiaomi Mi 9 SE sudah tersedia dan siap untuk diulas. Edisi SE ini memiliki tampilan fisik yang tidak jauh berbeda dengan model reguler. Hanya saja, ukuran lebih kecil dan beratnya lebih ringan. Ponsel pintar satu ini juga tersedia tanpa audio jack 3,5 dengan chipset dan harga yang lebih sederhana. Itulah gambaran singkat mengenai Xiaomi Mi 9 SE. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai performanya, tentu perlu dilakukan pengujian lebih lanjut.

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9SE

Rilis

Februari 2019

Tersedia

March 2019

Warna

Violet, Blue, Gray

Jaringan

GSM / CDMA / HSPA / LTE

Dimensi (mm)

147,5 x 70,5 x 7,5

Berat (g)

155

Kapasitas Baterai (mAh)

4.000

SIM

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Tipe Layar

Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran Layar (inci)

5,97

Resolusi (p)

2340 x 1080, rasio 19,5:9

Proteksi

Corning Gorilla Glass 5

CPU

Octa-core (2 x 2,3 GHz Kryo 360 Gold & 6 x 1,7 GHz Kryo 360 Silver

Chip

Qualcomm SDM712 Snapdragon 712

GPU

Adreno 616

Baterai

Li-Po (non-removable) 3070 mAh

Charging

Fast battery charging 18W

RAM

6 GB

Storage

64 GB / 128 GB

Kamera Utama

48 MP, f/1.8, (wide); 8 MP, f/2.4, (telephoto); 13 MP, f/2.4 (ultrawide)

Fitur

Dual-LED flash, HDR, panorama

Video

2160 30 fps, 1080p 30 / 60 fps, 720p 960 fps

Kamera Selfie

20 MP, f/2.0

Fitur

HDR

Video

1080p 30 fps

WLAN

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE, aptX HD

Konektivitas

GPS, NFC, Infrared

USB

2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB on-the-go

Sensor

Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity,

Compass

Sebagian, bahkan banyak orang berpikir bahwa SE merupakan singkatan dari Special Edition. Biasanya memang begitu. Namun, dalam kasus ini, SE tampaknya berarti Small Edition. Xiaomi Mi 9 SE sayangnya tidak begitu spesial. Lebih kecil memang, ukuran Xiaomi Mi 9 SE adalah 147,5 x 70,5 x 7,5 mm dengan berat 155 g. Urusan performa, smartphonedengan chipset Snapdragon 712 dan RAM 6 GB ini cukup tajam dan dapat diandalkan.

Hal lain yang berbeda antara Mi 9 SE dengan edisi reguler adalah pada tri kamera. Tiga kamera yang digunakan di Mi 9 SE memiliki kamera utama 48 MP yang sama. Namun, lensa telefoto dan kamera ultrawide angle-nya memiliki lubang yang sedikit lebih kecil. Kamera-kamera tersebut juga memiliki MP yang lebih sedikit pada sensornya. Bergantung hasil potret jarak jauh, hal tersebut bisa menjadi masalah atau tidak bagi Anda.

Xiaomi Mi 9 SE hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu Violet, Blue, dan Gray. Baterai yang digunakan adalah Li-Po (non-removable) 3070 mAh. Ruang penyimpanannya cukup luas, yaitu 64GB atau 128GB. Mi 9 SE dilengkapi beragam sensor dan konektivitasnya cukup beraga, Xiaomi Mi 9 SE dibanderol dengan harga 349 euro atau sekitar 5,5 juta rupiah. Harga tersebut 100 euro lebih murah dari pendahulunya Mi 9.

Dalam hal spesifikasi, tidak banyak yang bisa diolah dari edisi SE Mi 9 ini. Jelas, jika dibandingkan dengan edisi reguler-nya yang harganya lebih mahal tersebut, Mi 9 SE tidak unggul. Beberapa orang berdebat mengenai kepantasan harga dan apakah edisi SE ini memberikan solusi murah dan berkualitas bagi mereka yang mencari model ringan dari Xiaomi Mi 9 SE. Diperlukan ulasan lebih jauh untuk menilai apakah Mi 9 SE layak Anda lirik.

Review Xiaomi Mi 9 SE

Ekpekstasi publik mengenai bagaimana smartphone kelas menengah harus dibuat kadang terlalu liar dan berlebihan. Namanya juga kelas menengah mana bisa memenuhi keinginan yang diperuntukkan untuk smartphone kelas atas. Sulit memang mencari smartphone kelas menengah dengan tri kamera yang benar-benar bekerja dengan baik dan seharusnya. Begitu juga dengan komponen lain yang diharapkan sempurna.

Sempurna itu ilusi. Namun, Xiaomi Mi 9 SE itu nyata. Versi kecil dari Mi 9 ini mampu membuktikan dirinya dengan kualitas display yang baik. Mata Anda akan puas dengan tampilan Mi 9 SE ini. Hal lain yang memuaskan dari Mi 9 SE adalah tri kamera yang bisa diandalkan. Semuanya terlihat sederhana, ringkas, dan ready to go. Mi 9 SE ini dapat Anda andalkan dalam beragam situasi.

Kelebihan lain yang biasa Anda dapatkan dari Mi 9 SE adalah kualitas loud speaker-nya yang mengesankan. Sayang, Mi 9 SE tidak dilengkapi dengan audio jack 3,5 mm. Kekurangan lain terletak pada tidak adanya opsi untuk storage expansion. Alhasil, Anda harus puas dengan storage 64GB dan 128GB. Terpaksa Anda harus berhemat menyimpan beragam konten di smartphone tersebut.

Untuk kualitas gambar, tidak ada yang buruk dari hasil potretan, baik kamera utama maupun kamera selfie. Artinya Anda bisa mendapatkan gambar dengan kualitas mengesankan melalui Xiaomi Mi 9 SE. Kendati demikian, pengambilan video memiliki beberapa kekurangan terutama pada ketidakstabilan dalam pengambilan gambar dengan resolusi 4K. Sulit memang mencari ponsel kelas menengah yang mampu melakukannya dengan baik.

Pilih Xiaomi Mi 9 SE jika harga adalah pertimbangan utama Anda. Tidak ada smartphone lain yang mampu memberikan apa yang ditawarkan Mi 9 SE dengan harga murahnya. Jika tidak, maka smartphone lain yang lebih baik dan tentu saja harganya lebih mahal di kelasnya patut Anda jadikan pilihan. Xiaomi Mi 9 SE merupakan smartphone terbaik dengan fungsinya yang optimal dan harga yang sangat terjangkau untuk HP kelas menengah.