7 Bahaya menggunakan VPN Gratisan

0
60

Belakangan ini kita dikabarkan bahwa KOMINFO membatasi penggunaan sosial media seperti Facebook, Whatsaap, Instagram, dan lainnya untuk alasan keamanan negara dari hoax yang menyebar semenjak kejadian kerusuhan pada tanggal 21-22 Mei.

Hal tersebut tentunya membuat beberapa pihak seperti para karyawan kantoran ataupun pengusaha merasa dirugikan karena komunikasi dan kinerja mereka menjadi terganggu, akibat dari pembatasan tersebut contohnya seperti tidak dapat mengirimkan attachment (foto, video, dokumen, etc) pada whatsapp.

Di zaman yang serba canggih ini orang – orang pun mulai mengakali permasalahan diatas dengan menggunakan VPN, dimana kita seolah-olah menggunakan internet dari tempat lain atau negara lain sehingga kita dapat mengakses situs yang di block oleh negara. Namun hal ini bisa menjadi bomerang untuk kita sendiri, apalagi jika kita menggunakan VPN yang gratisan.

Apa saja Dampak Menggunakan VPN Gratis ?

Dikutip dari (vpnmentor.com) bahwa ada 7 bahaya menggunakan VPN gratis.

1. Membahayakan Keamanan Anda

Di antara penyedia VPN gratis seperti Betternet, SuperVPN, dan CrossVPN semuanya mengandung malware. Faktanya, 38% VPN dalam penelitian ini menunjukkan tanda-tanda terinfeksi. Smartphone Anda bisa saja terinfeksi oleh jaringan internet yang tidak Aman yang dengan sengaja mengirimkan malware untuk mencuri data – data pribadi Anda.

2. Melacak Aktifitas Online

Apakah Anda akan tenang mengetahui bahwa aktifitas Anda telah dilacak oleh orang lain? Pikirkan ketika Anda bertransaksi secara Online, memasukkan nomor kartu kredit dan kode rahasia kartu kredit Anda. Atau ketika Anda login ke website seperti facebook. Bukan hal yang sulit untuk mengetahui apa yang Anda input.

3. Tidak sepenuhnya membuka blokir sebuah website

Sejumlah VPN tidak sepenuhnya membuka blokir sebuah website, sehingga Anda harus mencari VPN gratis lainnya.

4. Membatasi Jumlah Data yang Dapat Anda Gunakan

Sama seperti provider internet kebanyakan, tetapi ketika Anda menggunakan VPN gratis jumlah data yang akan Anda akses akan dibatasi.

5. Memperlambat koneksi internet Anda

Ini adalah strategi ProtonVPN. Meskipun ProtonVPN memberikan keamanan yang sangat baik, untuk mendorong pengguna gratis mereka meningkatkan ke paket berbayar, mereka akan mengurangi kecepatan internet Anda.

6. Bom Iklan

Beberapa penyedia VPN gratis akan mengganggu aktifitas Anda dengan berbagai iklan untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu Anda juga akan diarahkan ke website yang penuh dengan malware yang akan mengakibatkan banyak dampak buruk.

7. Menjual Bandwidth Anda

Penyedia VPN dapat mengetahui IP Anda dan dapat saja menggunakan IP Anda untuk Kejahatan.