Bisa Diandalkan, 3 Prosesor Yang Berkualitas dan Reliable Tahun 2019

0
92

Salah satu perusahaan yang berfokus pada produksi prosesor adalah Qualcomm. Seolah tak mau kalah bersaing, vendor Android seperti Samsung dan Huawei telah mecoba memproduksi prosesornya sendiri.

Sistem chip tunggal selalu muncul dalam hasil produksi prosesor yang ada pada smartphone. Teknologi ini membuat kecepatan kinerja smartphone bertambah karena  semua komponen prosesor berada dalam satu silikon. Chipset tunggal ini sering disebut juga dengan SoC.

Beberapa Android dengan kelas atas telah dilengkapi beberapa prosesor yang berkualitas dan handa. Terutama, jenis smartphone Android dengan tahun produksi 2018 akhir hingga 2019. Beberapa informasi di bawah ini akan memberikan penjelasan mengenai prosesor yang baru-baru ini diperkenalkan dan beberapa telah mendukung kinerja smartphone. Berikut penjelasannya, yuk simak..

1.    Qualcomm Snapdragon 855

Penyematan Virtual Reality (VR) dan Artificial Intellegence (AI) merupakan salah satu pembaruan besar yang dilakukan Qualcomm dalam produknya. Fokus lain dari Qualcomm adalah pada headset VR bukan hanya pada Smartphone. Dengan hadirnya Snapdragon 855 diharapkan akan ada ponsel flagship yang dilengkapi dengan chipset ini.

2.    Samsung Exynos 9810

Tahun lalu Samsung Galaxy S9 telah diluncurkan. Prosesor Exynos telah mendukung canggihnya smartphone Galaxy S9 ini yang mana prosesor ini mengalami peningkatan biometrik dan pengenalan wajah 3D.

Prosesor ini memiliki kekurangan dalam hal AI dan Deep Learning. Namun, desain  yang dikembangkan memiliki perbedaan dengan Qualcomm dan Huawei.

3.    HiSilicon Kirin 980

Chipset AI dengan nama Kirin 980 resmi diperkenalkan Huawei dengan kehadirannya pada Mate 20 Pro tahun 2018. Kirin 980 diproduksi dengan proses teknologi 7Nmk. Sehingga, kirin 980 ini hadir sebagai SoC pertama di dunia dengan proses tersebut.

Dengan daya yang lebih rendah dari sebelumnya, Kirin 980 memiliki kinerja yang lebih cepat berkat adanya beberapa fitur AI yang mendukung dalam chipsetnya.

Setiap prosesor yang dirilis pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Namun, dengan berbagai pilihan, konsumen diuntungkan karena lebih banyak pertimbangan dalam memakai chipset terbaik versi Anda. Manakah yang terbaik menurut Anda?