Cara Mencegah Siswa Mencontek dengan Teknologi

Perkembangan dunia digital memang sangat membantu kehidupan manusia. Dahulu orang perlu pergi ke bilik telepon umum untuk melakukan panggilan ke telepon rumah dengan biaya lokal. Saat ini, hampir semua orang sudah memiliki telepon pintar, yang sangat memudahkan untuk saling berinteraksi nyaris kapanpun dan dimanapun. Sayangnya, perkembangan teknologi juga sering dimanfaatkan untuk berbagai tindakan kejahatan.

Pengguna teknologi digital saat ini telah menyentuh hampir semua kalangan usia, termasuk para siswa sekolah. Mereka menggunakan teknologi internet untuk saling berinteraksi di media sosial hingga ada yang menggunakan teknologi tersebut untuk mencontek jawaban saat ujian. Berikut disampaikan daftar cara mencegah siswa mencontek dengam teknologi yang dapat dgunakan saat ujian:

Matikan koneksi internet di area sekolah

Mematikan koneksi internet ini tidak hanya dengan mematikan WiFi router yang terdapat di sekolah, tetapi juga mematikan koneksi WiFi dan telepon selular. Anda dapat menggunakan alat pengacak sinyal dengan cakupan lokal dengan harga yang sudah terjangkau keuangan sekolah.

Beberapa hari sebelum hari ujian, alat pengacak sinyal tersebut harus sudah terpasang dalam jumlah yang cukup dan tersebar di area yang rata sehingga dapat dipastikan bahwa setiap orang tidak dapat menggunakan telepon genggamnya untuk melakukan panggilan telepon, mengirim SMS dan melakukan koneksi internet.

Pasang CCTV

Untuk memantau pergerakan para siswa yang tengah melakukan ujian di dalam kelas dengan saksama tetapi tanpa mengganggu konsentrasi para siswa, anda dapat memasang kamera CCTV pada sisi belakang dan depan kelas yang mencakup semua bangku di dalam kelas, sehingga anda tidak perlu berada di dalam kelas tersebut, tetapi cukup diawasi dari ruangan yang berbeda.

Sebelum pelaksanaan ujian, anda harus menjelaskan ke para siswa peserta ujian, bahwa terdapat banyak kamera CCTV terpasang dan akan diawasi oleh banyak petugas di luar ruangan. Penggunaan CCTV ini merupakan salah satu cara mencegah siswa mencontek dengam teknologi yang sangat efektif, karena para siswa tidak akan berani mengambil risiko sekecil apapun untuk saling bertukar jawaban.