Fitur Instagram IGTV Yang Perlu Kamu Ketahui

0
84

Sekitar 2 minggu yang lalu Instagram merilis fitur terbarunya yaitu IGTV. Fitur baru ini mengizinkan penggunanya untuk meng-upload video berdurasi lebih dari standar video Instagram yaitu lebih dari satu menit hingga video berdurasi satu jam. Fitur ini digadang akan menjadi pesaing Youtube. Namun, berbeda dengan Youtube, fitur IGTV memuat video dengan spesifikasi yang berbentuk vertikal. Selain itu, berikut fitur Instagram IGTV yang perlu kamu ketahui:

Membutuhkan Aplikasi Tambahan

Jika kamu ingin meng-upload video ke IGTV, kamu membutuhkan aplikasi tambahan yaitu dengan men-download IGTV itu sendiri. Memang agak membingungkan karena berbeda dengan cara meng-upload foto biasa. Namun, tenang saja karena aplikasi IGTV mudah digunakan. Perbedaan lain yang dimiliki oleh aplikasi IGTV adalah kamu tidak bisa me-record video langsung di dalam aplikasinya karena aplikasinya hanya untuk browsing dan uploading saja. Untuk kamu yang hanya ingin menonton video dari IGTV, kamu cukup meng-klik highlight IGTV dari akun profile yang ingin kamu nikmati.

Fitur dalam IGTV

Semua orang dapat membuat konten dan meng-upload videonya ke IGTV. Tidak seperti Insta Story, video yang diunggah ke IGTV bersifat permanen hingga user menghendaki untuk menghapus video tersebut. Selain itu, kamu dapat mengedit video kamu di laptop dan langsung mengunggahnya lewat website tanpa perlu memindahkan videonya terlebih dahulu ke smartphone kamu. Saat pertama membuka aplikasi IGTV, video secara otomatis akan langsung dimainkan. Berikut adalah bagian yang ada dalam IGTV:

  1. Bagian The For You: berisi koleksi video sesuai dengan algoritma Instagram yang dirasa akan kamu sukai dan cocok untukmu. Bagian ini juga tergantung dari orang-orang yang kamu follow dan juga konten yang memiliki engagemtn tinggi dengan akun yang kamu miliki
  2. Bagian The Following: berisi video dari user yang kamu follow
  3. Bagian The Popular: koleksi video yang lagi nge-tren di IGTV
  4. Bagian The Continue Watching: berisikan video yang sudah kamu tonton selama 3 detik tetapi belum selesai kamu tonton. IGTV memberikan kamu history dan juga memberikan pengingat terhadap video yang belum selesai kamu tonton.